Waspada! Modus Orang Tiongkok Cari Istri di Landak

Landak

Editor Angga Haksoro Dibaca : 4816

Waspada! Modus Orang Tiongkok Cari Istri di Landak
Ngabang, SP – Masyarakat di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat diminta wasapada. Diduga terjadi kejahatan perdagangan manusia ke Tiongkok dengan modus menikahi para perempuan muda.

Kabar dugaan kejahatan tersebut disebar di grup WhatsApp “Suara Landak” oleh warga Sengah Temila, Berlin Sondang Siahan. Menurut Berlin, para pria Tiongkok ini mencari wanita muda dari kampung-kampung di Landak.

“Baru satu minggu kenal, diajak menikah dengan membawa perantara atau calo karena tidak bisa bahasa Indonesia. Si gadis dan keluarganya biasanya sudah dikasih duit Rp 13 juta dan diiming-imingi hidup enak di Tiongkok.”

Menurut Berlin kasus ini sudah terjadi di Dusun Baet, Desa Pahauman, Kecamatan Sengah Temila. “Korbannya sudah ada. Ini terlepas suka sama suka. Intinya, kenapa mereka harus cari jodoh jauh-jauh. Menurut sumber yang saya tanya, mereka rela pinjam uang di negaranya. Kemudian, cari istri di daerah kita. Kemudian, si istri dijadikan budak untuk bayar hutang,” katanya.

Kasus dugaan perdagangan manusia dengan modus menikahi korbannya ini pernah terjadi di Jawa Barat. Para korban dibawa ke Tiongkok bukan untuk diajak hidup enak tapi dipaksa bekerja di perkebunan.

Kasus tersebut kemudian ditangani Direktorat Pidana Umum Polda Jawa Barat. Polisi menangkap para calo dan berupaya memulangkan para korban dari Tiongkok. (dvi)