Tingkat Kerawanan Pileg Bergantung pada Parpol

Landak

Editor Jindan Dibaca : 167

Tingkat Kerawanan Pileg Bergantung pada Parpol
Ilustrasi

LANDAK, SP - Sebanyak 381 Caleg DPRD Kabupaten Landak siap bertarung untuk memperebutkan 35 kursi di DPRD Landak dalam perhelatan Pemilu 2019.

Pelaksana Harian (Plh) KPU Landak, Mikael kepada Suara Pemred mengatakan, kerawanan antara pelaksanaan Pileg dan Pilpres tergantung dengan Partai politik itu sendiri.

"Sebab, para calon ini diakomodir oleh Parpol masing-masing. Semua regulasi, sudah kita sampaikan kepada Parpol," ujar Mikael, Selasa (25/9).

Menurutnya, bila Parpol sudah menyampaikan regulasi kepada para calonnya dan regulasi itu ditaati, tentu tingkat kerawanan itu kecil.

"Kalau biasanya, tingkat kerawanan itu terjadi pada pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Tapi kita sudah membuat regulasi akan hal itu yang sudah kita sampaikan kepada Parpol peserta Pemilu 2019 di Landak," kata Komisioner KPU Landak dua periode ini.

Ia berharap, Parpol dan Caleg bisa mematuhi regulasi yang sudah dikeluarkan oleh KPU. Kalau tidak dipatuhi, yang akan rugi Caleg bersangkutan.

"Apalagi jika diadukan ke Bawaslu. Tentu masalahnya akan semakin panjang," ucap Mikael.

Ia mengakui, sejauh ini pengawasan yang dilakukan KPU Landak terhadap Parpol, Caleg dan tim sukses, belum begitu banyak. Apalagi tahapan kampanye baru dimulai pada 23 September lalu. 

"Tapi seluruh regulasi dan kebijakan yang dibuat KPU sudah ditaati oleh mereka," akunya. (dvi)