Kabupaten Landak Diterjang Banjir

Landak

Editor Angga Haksoro Dibaca : 307

Kabupaten Landak Diterjang Banjir
Ngabang, SP – Dua desa di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, diterjang banjir Kamis (11/10) pagi. Sebanyak 68 rumah terendam banjir.   Kedua desa teresbut adalah Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila dan 2 dusun di Kecamatan Menyuke yakni Dusun Jabeng dan Dusun Semau, Desa Mamek.  

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Landak, Banda Kolaga,  banjir di Desa Sidas merendam 68 rumah. “Ketinggian air yang merendam Desa Sidas sekitar 1 meter. Sedangkan ketinggian air yang merendam puluhan rumah warga mencapai kurang lebih 40 cm,” ujar Banda Kolaga di Kantor Bupati Landak, Jumat (12/10).

Menurut Banda, banjir di Desa Sidas dan Mamek terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. “Air masuk ke rumah warga sekitar pukul 04.00 WIB. Banjir ini akibat hujan deras dan meluapnya sungai di Desa Sidas,” kata Banda.

Rumah warga yang terdampak banjir di Dusun Jabeng mencapai 39 keluarga. Sedangkan di Dusun Semau sebanyak 28 keluarga. “Tidak ada pengungsi akibat banjir. Sebab, banjir yang terjadi ini cepat surut.”

Banda meminta para camat segera memantau sejumlah desa dan dusun yang sering menjadi langganan banjir. “Berdasarkan informasi dari BMKG Pontianak, curah hujan dalam beberapa hari ini cukup tinggi dan diikuti kilat serta guntur. Kalau ada ancaman banjir, segera dilaporkan ke BPBD Landak untuk diambil tindakan secepatnya,” ujar Banda. (dvi)