Masyarakat Diminta Pertahankan Pangan Lokal

Landak

Editor Angga Haksoro Dibaca : 153

Masyarakat Diminta Pertahankan Pangan Lokal
Ngabang, SP - Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Landak, Bernadus membuka kegiatan pelatihan teknologi pengolahan pangan lokal berbasis spesifik daerah, di Aula Kecil Kantor Bupati Landak, Rabu (24/10).  

Kegiatan pelatihan yang digelar Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Landak itu diikuti tim penggerak PKK Landak dan pelaku usaha pangan. Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan itu pelaku usaha Provinsi Kalimantan Barat.  

Menurut Bernadus, pelatihan tersebut dilatarbelakangi adanya kebijakan pemerintah tentang percepatan penganekaragaman konsumsi pangan yang bersumber pada bahan pangan lokal.  

“Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) merupakan salah satu untuk mewujudkan peningkatan diversifikasi pangan. Hal ini sebagai perwujudan dari Perpres Nomor 22 Tahun 2009 tentang Kebijakan P2KP Berbasis Sumber Daya Lokal,” ujar  Bernadus, Rabu (24/10).  

Dia mengakui, produk pangan lokal Indonesia sangat berlimpah, termasuk di Landak. Biasanya produk pangan lokal berkaitan erat dengan budaya masyarakat setempat.  

Keanekaragaman produk pangan lokal tersebut menjadi potensi mewujudkan kemandirian pangan nasional. “Terwujudnya kemandirian pangan suatu daerah atau negara, akan mempercepat tercapainya ketahanan pangan nasional,” katanya.  

Ditambahkan Bernadus, pemantapan ketahanan pangan akan efektif bila dimulai dari keluarga. Perlu diusahakan ketersediaan pangan yang bermutu, beragam, dan terjangkau untuk seluruh anggota keluarga. (dvi/ang)