Bupati Landak Minta Pemuda Jadi Pengusaha

Landak

Editor Angga Haksoro Dibaca : 117

Bupati Landak Minta Pemuda Jadi Pengusaha
Ngabang, SP - Bupati Kabupaten Landak, Karolin Margret Natasa meminta generasi muda menjadi usahawan muda. Hal itu diungkapkan bupati saat membuka pelatihan kewirausahaan beternak ayam yang berlangsung di Radakng Aya' Kompleks GOR Patih Gumantar Landak, Selasa (30/10).  

Kegiatan yang digelar Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Landak itu diikuti unsur pemuda di Landak. “Saya berharap pelatihan ini bisa terus berlanjut. Diharapkan ada usahawan baru yang dapat meningkatkan perekonomian diri sendiri, keluarga, dan masyarakat Landak,” kata Karolin.

Menurut Karolin,  melalui pelatihan para peserta akan memiliki pengalaman baru untuk memulai usaha. “Nanti juga akan dijelaskan seputar kemitraan. Tapi namanya usaha, bisa berhasil dan bisa gagal. Hal itu tergantung bagaimana pelaksanaan usaha,” kata Karolin.

Karolin menegaskan, usahawan muda harus berani menghadapi tantangan dan risiko. “Kalau mau untung besar, tantangan dan risikonya juga besar. Kita harus bekerja keras untuk mengembangkan usaha kita.” 

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Landak, Yosef mengatakan dalam situasi dan kondisi yang semakin kompetitif, pengembangan kewirausahaan menjadi keharusan.

"Dari sisi kuantitas, Kabupaten Landak memiliki potensi kepemudaan yang besar. Sekitar 30 persen penduduk Landak berada pada usia pemuda yakni 16 sampai 30 tahun,” jelas Yosef.

Sejalan dengan hal itu, Pemkab Landak pada tahun 2018 merintis program pelatihan kewirausahaan. “Kami juga memfasilitasi modal usaha,” jelas mantan Camat Ngabang ini. (dvi)