Masyarakat Diminta Kawal Tahapan Pemilu

Landak

Editor Angga Haksoro Dibaca : 96

Masyarakat Diminta Kawal Tahapan Pemilu
Ngabang, SP - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Ngabang menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif. Sosialisasi yang dibuka langsung Ketua Panwascam Ngabang, Aloisius itu digelar di Sekretariat Panwascam Ngabang, Sabtu (3/11).

Hadir dalam pembukaan kegiatan, Plt Camat Ngabang, Nomensen, perwakilan Polsek Ngabang, jajaran Panwascam Ngabang dan undangan lainnya. Sosialisasi diikuti sejumlah unsur masyarakat Ngabang, partai politik, dan pemilih pemula.

Dalam arahannya, Plt Camat Ngabang, Nomensen menilai, tahap demi tahap pelaksanaan Pemilu 2019 sudah dilaksanakan dengan baik. “Saat ini sudah memasuki tahapan kampanye Pemilu 2019. Di Kecamatan Ngabang dari hari pertama pelaksanaan kampanye hingga saat ini masih berlangsung aman,” ujar Nomensen.

Dia mengakui untuk melaksanakan tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 tidak hanya menjadi kewajiban Panwascam saja. Elemen masyarakat juga harus terlibat mengawal pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 hingga selesai.

“Panwascam tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan masyarakat. Masyarakat diminta berperan aktif melakukan pengawasan Pemilu 2019. Kalau ada dugaan pelanggaran, secepatnya lapor ke Panwascam atau Bawaslu,” pintanya.

Selain itu, dia juga meminta masyarakat mewaspadai kemungkinan munculnya kampanye hitam di media sosial. “Kampanye hitam harus kita waspadai, terutama melalui media sosial. Tidak boleh langsung menyebarkan isi postingan tanpa ditelaah dulu sumber postingan itu.”

Ketua Panwascam Ngabang, Aloisius berharap masyarakat mengawal pelaksanaan Pemilu 2019 dengan aman, lancar dan tertib. “Saya berharap masyarakat melakukan pengawalan tahapan pelaksanaan Pemilu 2019,” katanya. (dvi)