PT Hartono Resmikan 10 Tower Komunikasi di Perkebunan Sawit

Landak

Editor Angga Haksoro Dibaca : 446

PT Hartono Resmikan 10 Tower Komunikasi di Perkebunan Sawit
Ngabang, SP - PT Hartono Plantation Indonesia (HPI) menggelar event edukasi bertajuk Connect Community Corporation (3C). Acara ini menandai beroperasinya 10 tower jaringan telekomunikasi yang menempati kawasan perkebunan sawit PT HPI di Kabupaten Landak dan Sanggau, Kalimantan Barat.  

Kegiatan tersebut digelar di salah satu kebun PT Lingkarindah Plantation, anak usaha HPI di Desa Dara Itam I, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak.  

Dalam kegiatan ini PT HPI menggandeng sejumlah partner yakni, XL Axiata, Bank Mandiri dan GDP Venture, bersama anak perusahaan Blibli.com dan Halodoc.com.  

Ada dua agenda besar dalam kegiatan itu yakni, sosialisasi penggunaan kartu perdana XL sebagai partner penyedia infrastruktur jaringan di kawasan perkebunan sawit HPI, serta edukasi kepada masyarakat lingkar kebun soal manfaat positif internet bagi kehidupan sehari-hari.

Dalam sambutannya, VP Region Kalbar HPI Agro, Agus Budi Santoso mengatakan, saat ini masyarakat sudah hidup dalam era digital. Seiring penetrasi smartphone yang semakin meluas serta dukungan jaringan komunikasi dan data, diharapkan karyawan dan masyarakat sekitar kebun HPI Agro dapat memanfaatkan jaringan telekomunikasi ini semaksimal mungkin.

“Fasilitas ini kami arahkan untuk dapat membantu aktivitas keseharian mereka.  Dapat memberikan nilai tambah, dan tentunya bisa membangun kehidupan yang lebih produktif. Khususnya bagi generasi muda yang sudah melek teknologi,” kata Agus.

Menurut Agus, esensi acara “Connect Community Corporation” tidak lepas dari komitmen HPI Agro yang senantiasa ingin berjalan beriringan bersama masyarakat.

Dia menambahkan, dengan pemanfaatan teknologi diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum. “Pastinya akan memberikan dampak positif melalui peningkatan pendapatan masyarakat kebun wilayah Landak, Sanggau, dan sekitarnya.”  

GDP Venture yang turut membawa Blibli.com dan Halodoc.com turut memberikan pemahaman bagi masyarakat soal manfaat transaksi jual beli dan konsultasi kesehatan online.  

“Tidak hanya menekankan sebagai buyer online, Blibli.com mengajak masyarakat mulai berperan sebagai merchant atau penjual. Penyedia produk-produk unggulan lokal yang dapat dipasarkan secara luas melalui situs jual beli online. Ini mampu meningkatkan kreativitas dan denyut perekonomian masyarakat sekitar sini,” ujar VP Region Kalbar HPI Agro, Agus Budi Santoso.

Dipenghujung kegiatan, Bank Mandiri memberikan kesempatan pada masyarakat untuk mengenal berbagai produk perbankan unggulan, termasuk membuka tabungan secara langsung di lokasi. Pengenalan serta edukasi transaksi perbankan online juga dilakukan, termasuk di dalamnya sosialisasi Branchless Banking.

"Branchless Banking adalah layanan perbankan yang memungkinkan nasabah tidak perlu datang ke cabang konvensional Mandiri. Cukup ke agen yang telah bekerja sama dengan Mandiri serta secara resmi terdaftar dan telah dapat melayani transaksi keuangan,” jelasnya. (dvi/rilis)