Minggu, 20 Oktober 2019


PPKD Landak Siap Seleksi Cakades

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 27
PPKD Landak Siap Seleksi Cakades

Ilustrasi

NGABANG, SP - Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) tingkat Kabupaten Landak akan melakukan seleksi Calon Kepala Desa (Cakades) yang lebih dari lima orang. Dijadwalkan, seleksi itu akan berlangsung 28 Oktober mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pemdes Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) Landak, H. Hermanto mengatakan, jika Cakades yang mendaftar lebih dari lima orang di satu desa akan dilakukan seleksi terhadap oleh PPKD Landak.

"Nanti yang menyeleksinya yakni Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) tingkat Kabupaten Landak. Mereka merupakan panitia yang independen. Tapi kalau yang Cakades yang mendaftarkan diri hanya lima orang, mereka sudah dilakukan verifikasi oleh PPKD tingkat desa dan PPKD tingkat kecamatan, " ujar Hermanto, Senin (7/10).

Dikatakannya, hasil seleksi yang dilakukan PPKD tingkat kabupaten itu, memang harus lima orang Cakades.

"Kalau Cakades yang mendaftar misalnya ada enam atau tujuh orang, berarti ada Cakades yang tidak lolos seleksi seperti satu atau dua orang," jelasnya.

Dia menambahkan, seleksi yang dilakukan PPKD tingkat kabupaten itu merupakan seleksi ujian tertulis saja.

"Sedangkan untuk di PPKD kecamatan hanya memverifikasi berkas Balon Kades yang mendafar. Kalau Balonnya lebih dari lima orang, tentunya PPKD kecamatan akan meneruskannya di PPKD kabupaten. Setelah seleksi, akan kita tetapkan Balon Kades yang mengikuti Pilkades serentak pada 18 November tahun 2019 ini. Sebelumnyapun nama Balon Kades yang lolos seleksi akan kita sampaikan ke Ibu Bupati Landak dulu," katanya.

Dikatakannya lagi, jumlah pendaftaran Cakades disetiap desa yang akan Pilkades, tentu tergantung jumlah peminat yang mendaftar.

"Ada desa yang hanya mendaftar tiga, empat dan lima Balon Kades. Bahkan, ada yang mendaftar hanya dua Balon Kades saja. Cakades yang mendaftar memang tidak boleh satu orang. Paling tidak yang mendaftar harus ada dua orang," jelasnya.

Terpisah, Ketua PPKD Raja Kecamatan Ngabang, Ya' Ridwan Fitri mengakui jika pihaknya sudah menyerahkan berkas Cakades ke PPKD Kecamatan Ngabang.

"Di desa kita memang ada enam Cakades yang mendaftar ke PPKD Raja. Sebanyak enam orang yang mendaftar, akhirnya kita tidak mengikuti jadwal perpanjangan waktu pendaftaran dari tanggal 30 September hingga 5 Oktober lalu," ujar Ridwan.

Dikatakannya, setelah dilakukan penelitian berkas Cakades, PPKD Raja juga sudah menyerahkan berkas Cakades ke PPKD Kecamatan Ngabang.

"PPKD Kecamatan Ngabang pun melakukan penelitian, klarifikasi dan verifikasi berkas Cakades yang sudah diserahkan itu. Nantinya, PPKD Kecamatan Ngabang akan mengantarkan berkas Cakades ke PPKD Kabupaten Landak dan melakukan seleksi Cakades untuk Balon, " jelasnya. (dvi)

Pencoblosan 18 November

Sesuai jadwal yang sudah ada dalam Pilkades serentak tahun 2019 ini, akan dilakukan penetapan Cakades yang berhak dipilih oleh PPKD tingkat desa pada 29 Oktober mendatang.

"Kita juga akan menetapkan jadwal kampanye Cakades yang juga akan dilakukan 29 Oktober nanti. Di hari yang sama akan dilakukan pencetakan surat suara hingga 4 November oleh PPKD kecamatan, " jelasnya.

Dia menambahkan, PPKD kecamatan akan melakukan pendistribusian surat suara pada 5-7 November mendatang.

"Keesokan harinya, 8 November kita akan melakukan pengumuman pemungutan suara. Sedangkan tanggal 9 hingga 11 November, kita akan menyebarkan undangan Pilkades bagi warga Desa Raja yang memilih dan namanya masuk dalam DPT," jelas Ridwan.

Keesokan harinya, 11 November ada jadwal penugasan saksi-saksi setiap Cakades. Nantinya pada 12 hingga 14 November atau tiga hari akan dilaksanakan kegiatan kampanye bagi para Cakades. Setelah itu, akan dilaksanakan masa tenang selama tiga hari juga.

"Untuk pencoblosan Pilkades akan dilaksanakan 18 November. Selama satu hari ini, setelah pencoblosan, akan dilakukan penghitungan suara dan tanda tangan Berita Acara (BA) hasil penghitungan suara, " terangnya. (dvi)