Senin, 17 Februari 2020


Penyaluran Dana Desa di Landak Terbaik di Kalbar, Kanwil Dirjen Perbendaharaan Beri Penghargaan

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 89
Penyaluran Dana Desa di Landak Terbaik di Kalbar, Kanwil Dirjen Perbendaharaan Beri Penghargaan

Raih penghargaan – Gubernur Kalbar, Sutarmidji memberikan selamat kepada Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Landak, Benediktus usai menyerahkan piagam penghargaan penyaluran Dana Desa terbaik se-Kalimantan Barat tahun 2019.

PONTIANAK, SP - Pemerintah Kabupaten Landak berhasil meraih penghargaan sebagai penyalur Dana Desa terbaik se-Kalimantan Barat tahun 2019. Penghargaan diberikan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji kepada Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Landak, Benediktus dalam Rakor penyaluran DAK fisik, Dana Desa dan Dana BOS Provinsi Kalimantan Barat dan dihadiri kepala daerah dari 14 kabupaten/kota serta perwakilan dinas terkait di Aula Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (12/2).

Benediktus mengatakan, penghargaan diperoleh berdasarkan dinilai indikator yang telah ditetapkan pada Peraturan Menteri Keuangan dalam hal ketepatan waktu, dan mengikuti tahapan yang telah dimuat dalam peraturan tersebut.

"Berdasarkan PMK-193 ada beberapa tahap dalam penyaluran Dana Desa, dan tahapan itu ada tenggat waktunya. Untuk tahun 2019, kita di Kabupaten Landak telah memenuhi sebelum tingkat waktu yang telah ditetapkan, sehingga terpilih terbaik penyaluran Dana Desa se-Kalimantan Barat," jelas Benediktus.

Parameter penilaian yang diperoleh oleh Kabupaten Landak meliputi penyaluran dari RKUN-RKUD berdasarkan pagu per Pemda sebesar 30 persen, kemudian sisa dana di RKDes berdasarkan dana yang diterima desa sebesar 20 persen.

Untuk capaian output Dana Desa sebesar 30 persen dan kecepatan penyaluran RKUN-RKUD mencapai 20 persen. Sehingga berdasarkan beberapa parameter tersebut Kabupaten Landak memperoleh nilai 84,13.

Benediktus menyampaikan, kedepannya Kabupaten Landak akan terus mempertahan prestasi ini. Menurutnya komitmen dan kerja sama semua lini mulai dari tingkat kabupaten hingga desa sangat diperlukan.

"Harapan ke depan kita tetap komitmen meminta kerja sama mulai dari aparat desa, kecamatan hingga tingkat kabupaten, supaya tetap bisa meraih penghargaan ini dan minimal mempertahankannya," tukas Benediktus.

Di tempat terpisah Bupati Landak, Karolin Margret Natasa menjelaskan, penghargaan yang diberikan merupakan salah satu motivasi Pemkab Landak untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Ini merupakan prestasi yang menjadi motivasi kami di Kabupaten Landak dengan penyaluran Dana Desa terbaik se-Kalimantan Barat, semoga kedepannya seluruh perangkat desa lebih serius bekerja di lapangan," pinta Karolin. (ril/jee)