Brigadir Jefri Menginspirasi Petugas Bhabinkamtibmas

Melawi

Editor sutan Dibaca : 962

Brigadir Jefri Menginspirasi Petugas Bhabinkamtibmas
Brigadir Jefri memobilisasi warga memperbaiki jembatan rusak di Desa Manggala, Pinoh Selatan, Melawi, Kalimantan Barat. (ist)
Kiprah Brigadir Polisi Jefri, Bintara Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Desa Manggala, Kecamatan Pinoh Selatan, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, menginspirasi petugas Polisi Republik Indonesia (Polri) lainnya yang bertugas di strata pemerintahan paling bawah.

 Sebagai seorang Bhabinkamtibmas, Jefri tidak hanya bertanggungjawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat, tapi berada di barisan terdepan,  di dalam menggerakkan partisipasi masyarakat di bidang pembangunan infrastruktur.
 

Berkat menyatu dengan masyarakat, Jefri berhasil membangkitkan peranserta masyarakat secara swadaya, dengan memperbaiki jembatan yang rusak secara manual di Desa Manggala, Kecamatan Pinoh Selatan, belum lama ini.


 Jefri berhasil membangun kepercayaan masyarakat, tentang figur polisi yang humanis, merakyat, sehingga apapun yang diminta, selagi demi kepentingan luas, tetap didengar masyarakat.


Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Suhadi Siswo Suwondo, Minggu (23/10/2016), mengatakan, kiprah Jefri berhasil membangkitkan partisipasi masyarakat, agar persoalan perbaikan infrastruktur, bukan saja tanggungjawab pemerintah, tapi juga masyarakat.

 Dikatakan Suhadi, kiprah Jefri mengingatkan anggota Bhabinkamtibmas agar mampu menyelami ranah psikologis masyarakat. Memahami kebutuhan dasar mereka di dalam mendukung peningkatan produktifitas.

 “Jembatan di Desa Manggala, Kecamatan Pinoh Selatan yang mestinya diperbaiki pemerintah, bisa diatasi dengan swadaya masyarakat, berkat inisiatif Jefri, sambil menunggu perbaikan lebih permanen dari pemerintahan di daerah,” kata Suhadi.
 

Jefri, menurut Suhadi, telah berhasil melaksanakan tugas pokok Bhabinkamtibmas, yakni membina masyarakat agar tercipta kondisi yang menguntungkan bagi pelaksanaan tugas Polri di desa atau kelurahan sesuai rumusan tugas pokoknya.

 Dari figur Jefri yang humanis dan berhasil merebut simpati masyarakat, maka lingkup tugas Bhabinkamtibmas, melakukan pembinaan terhadap warga masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya untuk dapat meningkatakan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum dan ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

 Di samping itu, melakukan upaya kegiatan kerjasama yang baik dan harmonis dengan aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat dan para sesepuh yang ada di desa atau kelurahan.  

“Tugas lain Bhabinkamtibas Polri, melakukan pendekatan dan membangun kepercayaan terhadap masyarakat. Melakukan upaya pencegahan tumbuhnya penyakit masyarakat dan membantu penanganan rehabilitasi yang terganggu,” ungkap Suhadi. (aju/sut)