Nama Pegawai BKD Dicatut, Sekdes di Melawi Nyaris Tertipu

Melawi

Editor sutan Dibaca : 735

Nama Pegawai BKD Dicatut, Sekdes di Melawi Nyaris Tertipu
Ilustrasi
NANGA PINOH, SP – Penipuan berkedok pengangkatan Sekretaris Desa (Sekdes) menjadi PNS, terjadi di Kabupaten Melawi. Penipu tidak segan mencatut nama pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dengan cara menelepon ke sejumlah Sekdes yang berstatus tenaga honorer.

“Kami hampir tertipu, karena yang menelepon sangat serius. Untung, kami belum memberikan apa yang diminta,” papar Amir, Sekdes Entebah, Kecamatan Belimbing.

Kepala BKD Kabupaten Melawi, Paulus pun langsung mengambil langkah mengantisipasinya. Ia berharap, Sekdes ataupun masyarakat Melawi yang menjadi korban aksi penipuan dapat melapor.

“Yang jelas tidak ada pengangkatan Sekdes menjadi PNS saat ini. Kalau ada yang menawarkan, berarti itu penipuan. Saya minta Sekdes dan masyarakat berhati-hati, bila menerima informasi seperti itu. Silahkan klarifikasi ke BKD,” kata Paulus kepada Suara Pemred

Saat ini, lanjut Paulus, pihaknya telah menyebarkan Surat Edaran (SE), agar semua pihak bisa waspada,  apabila ada informasi pengangkatan PNS yang mengatasnamakan BKD.

“SE sudah kita sampaikan ke seluruh SKPD. Yang utama ke kecamatan-kecamatan. Jadi ini antisipasi kita terhadap laporan penipuan yang cukup meresahkan ini,” papar Paulus.

Paulus mengungkapkan, aksi penipu mencatut nama BKD sudah didengar sejak dua bulan lalu dari sejumlah camat.  Ada juga yang datang langsung ke kampung-kampung dengan mengatasnamakan pegawai BKD. 

"Penipu ini memang nampaknya memanfaatkan kelemahan para Sekdes, yang jarang berkomunikasi langsung dengan BKD Melawi," tandasnya. 

Hingga saat ini, kata Paulus, belum ada Sekdes yang menjadi korban penipuan ini.  (eko/mul)