Januari 2017, Ratusan Guru di Melawi Resmi Dikelola Pemprov

Melawi

Editor sutan Dibaca : 869

Januari 2017, Ratusan Guru di Melawi Resmi Dikelola Pemprov
Ilustrasi
NANGA PINOH, SP – Pemkab Melawi telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) untuk 162 guru SMA/SMK.  SK ini terkait dengan peralihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten ke provinsi, sehingga nantinya para guru ini status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Kalbar.  

“Semua guru yang telah menerima SK tersebut, pada 1 Januari nantinya, resmi menjadi ASN di lingkungan Pemprov Kalbar. Mereka tidak lagi menerima gaji dari APBD Melawi, namun dikelola Pemprov Kalbar,” kata Kadisdik Melawi, Joko Wahyono.  

SK peralihan dan mutasi sebagai pegawai provinsi, diserahkan langsung oleh Sekda Melawi, Ivo Titus Mulyono, kepada seluruh guru SMA/SMK, pekan lalu.  

Menurut Joko, para guru yang menerima SK, tetap menjalankan tugasnya mendidik dan mengajar di tempat tugas selama ini. Artinya, bukan tugasnya yang beralih, namun hanyalah status kepegawaiannya dari kabupaten ke provinsi.  

“Namun belum kita ketahui, apakah kepengawasan para guru ini nantinya lansung dilakukan oleh provinsi atau Disdik Melawi. Namun, infonya pengawasan dilakukan  Pemprov, melalui Disdikbud Kalbar,” ujarnya.
 

Joko memaparkan, tidak hanya ASN guru, namun seluruh aset sekolah dan infrastruktur yang ada juga ikut diserahkan.  

“Infrastruktur SMA/SMK Negeri, seluruhnya menjadi tanggung jawab provinsi. Sehingga kita tidak bisa menganggarkan dana APBD untuk SMA/SMK ini,” terang Joko.
 

Terkait guru yang alih status, Joko menerangkan masih ada satu orang guru yang belum menerima SK, karena terkendala soal PUPNS. Namun, guru asal SMAN 1 Tanah Pinoh, tetap akan diusulkan menjadi pegawai provinsi. (eko/mul)