Kamis, 19 September 2019


Disdukcapil Melawi Kehabisan Blangko e- KTP

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1426
Disdukcapil Melawi Kehabisan Blangko e- KTP

Perekaman Data. (SP/Ist)

NANGA PINOH, SP – Tersendatnya pencetakan KTP Elektronik (e-KTP) di Melawi, disebabkan kehabisan blanko yang dijatah Pemerintah Pusat (Pempus). Hingga kini, terdapat empat ribuan e-KTP belum tercetak.  

“Mungkin Januari ini baru ada lagi pengadaan blangko. Hal ini cukup mengganggu, karena masyarakat membutuhkannya,” kata Hamidun,
Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Melawi.  

Menurutnya, Disdukcapil terus melakukan perekaman data warga yang masuk dalam wajib KTP. Bahkan, melakukan jemput bola untuk mengejar ribuan warga yang sampai sekarang belum terekam data kependudukannya.
 

“Sementara itu, karena blangko belum ada jadi mereka yang perlu KTP hanya diberikan surat keterangan dari Disdukcapil bahwa pembuatan KTP masih dalam proses. Surat keterangan ini berlaku sama dengan KTP hingga KTP mereka dicetak,” jelas Hamidun.
 

Kendati demikian, lanjut Hamidun, proses perekaman e-KTP tetap terus dilakukan, termasuk dengan program jemput bola yang dilakukan ke berbagai desa. Sehingga bila nantinya blanko e-KTP sudah kembali tersedia, nanti tinggal dilakukan pencetakan.  

Legislator PDI Perjuangan, Malin, mengkritisi kebijakan pusat dalam mengelola KTP elektronik. Terutama Kemendagri yang menjadi leading sektor yang mengurusi e-KTP.  

“Kemendagri ini sepertinya hanya omong kosong semata. Menyuruh kabupaten mengejar untuk jemput bola rekam e KTP, tapi blangko e KTP dibatasi, bahkan sering tak ada,” keluhnya. (eko/mul)
 

Baca Juga:
Dinas PMD Kapuas Hulu Kaji Pemecatan Oknum Kades
Komentar Figur Digadang Maju Pilwako Pontianak 2018