ASN Pemkab Melawi Resah Belum Terima Gaji

Melawi

Editor sutan Dibaca : 901

ASN Pemkab Melawi Resah Belum Terima Gaji
Ilustrasi
NANGA PINOH, SP – Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak di lingkungan Pemkab Melawi, mengaku sangat resah, karena hingga minggu kedua Januari 2017, belum terima gaji.  

“Biasanya gaji sudah cair sejak awal bulan. Bahkan tahun lalu sekalipun APBD Melawi tersendat dan baru diketuk di pertengahan tahun, gaji juga tidak terlambat seperti saat ini,” kata Agus, satu di antara ASN Pemkab Melawi.  

Menurut Agus, gaji ini memang sangat dibutuhkan oleh keluarga,  mengingat tidak adanya penghasilan lain di luar gaji pegawai. Mulai untuk kebutuhan bulanan sampai berbagai keperluan lain yang juga mendesak.
 

“Gaji ini kan juga untuk bayar cicilan kredit, untuk kebutuhan sehari-hari. Kalau terlambat kita juga yang pusing cari untuk menutup biaya biaya ini,” keluhnya.  

Sementara, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Melawi, Apelles Itang dihubungi melalui seluler mengungkapkan, keterlambatan gaji terjadi karena adanya perombakan SKPD. Apalagi saat ini Pemkab Melawi juga masih melakukan penempatan para pegawai.
 

“Keterlambatan ini bukan karena APBD belum ketuk palu atau uangnya tidak ada, hanya karena sekarang SK pengguna anggaran juga belum selesai dibuat. Para pegawai kita juga masih dilakukan penempatan ulang ke SKPD baru,” katanya.  

Keterlambatan gaji ini, terang Apelles juga tak hanya terjadi di Melawi, tapi juga terjadi di sejumlah daerah. Tak hanya ASN, tapi juga para pegawai kontrak daerah yang akan dilakukan penyusunan ulang terkait penempatannya.  

Memang untuk para pejabat eselonnya sudah dilakukan pelantikan, namun untuk para staf di bawahnya yang masih perlu penempatan ulang sesuai dengan format SOPD baru.  

“Untuk pastinya pencairan kita belum bisa memastikan, tapi semoga tidak terlalu lama lagi. Saya juga sendiri belum menerima gaji,” katanya. (eko/mul)
 

Baca Juga:
Kalbar Belum Siap Hadapi Bonus Demografi
Harga Telur di Sambas Turun Rp 2 Ribu Perkilogram
991 Pejabat Pemprov Kalbar Dilantik, 63 Pejabat Nonjob