Ini Penyebab Gaji ASN di Melawi Belum Dibayar

Melawi

Editor sutan Dibaca : 1148

Ini Penyebab Gaji ASN di Melawi Belum Dibayar
Ilustrasi
MELAWI, SP - Keterlambatan pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Melawi, sangat dirasakan sejumlah abdi negara. Pasalnya, kebanyakan dari mereka tidak memiliki sumber pendapatan lain, kecuali gaji sebagai ASN.  

Sekda Melawi, Ivo Titus Mulyono menyadari akan hal itu. Menurutnya, keterlambatan ini lebih disebabkan karena adanya perubahan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD). Selain itu, bendahara yang mengurusi gaji para ASN ini juga belum ditunjuk.  

“Baru saja dilantik, sehingga bendahara yang baru belum ditunjuk. SKPD-SKPD juga diganti, jadi harus menyusun anggaran lagi. Namun tidak mengganggu APBD,” kata Ivo kepada Suara Pemred.
 

BERITA TERKAIT:
ASN Pemkab Melawi Resah Belum Terima Gaji

Terhadap sejumlah honorer yang mengalami nasib serupa, Tito mengakui saat ini Pemkab terus melakukan evaluasi. Karena usai perombakan SOPD, maka ada beberapa dinas yang dilebur, dihilangkan dan diganti dengan SOPD baru.  

“Ada honorer yang akan dipindahkan, kita masih mengkajinya. Ini juga perlu kita ketahui, karena kita tidak asal memindahkanya, karena ada diskusi yang mendalam dengan SOPD,” paparnya.  

Terkait dengan honorer guru yang mengajar di SMA, saat ini berstatus sebagai ASN Provinsi Kalvar. Menurut Ivo, Pemkab tetap menganggarkannya melalui APBD, namun dihibahkan ke provinsi. Pemkab tidak boleh membayar gaji honorer guru SMA, karena mereka sudah menjadi pegawai provinsi.  

"Nantinya dana yang kita keluarkan akan diganti oleh provinsi pada APBD 2018, jadi mereka tetap bekerja di sekolah setempat, namun provinsi yang membayar,” ujar Ivo. (eko/mul)


Baca Juga:
Sempat Kabur, 3 ABG Penikam Usman Ditangkap
Dihadiri Pegawai Dinkes, Hakim Tolak Prapid Heri dan Urai
Bakal Dihadiri Presiden, Polda Siapkan Pengamanan Cap Go Meh Singkawang




Komentar