Setahun Putus, Jambatan Sokan Belum Diperbaiki

Melawi

Editor Tajil Atifin Dibaca : 468

Setahun Putus, Jambatan Sokan Belum Diperbaiki
Putus - Jembatan gantung Sokan yang putus usai terkena banjir bandang tahun lalu. Masyarakat setempat sangat mengharapkan jembatan tersebut dibangun kembali karena menjadi akses utama menuju desa seberang Sungai Pinoh.
NANGA PINOH, SP - Jembatan gantung penyeberangan Sungai Pinoh yang terletak di ibu kota Kecamatan Sokan hingga saat ini belum dibangun setelah putus akibat banjir bandang, November 2016 silam.

Putusnya jembatan menyebabkan warga sekitar harus menggunakan sampan untuk menyeberang.

Anggota DPRD Melawi dari Kecamatan Sokan, Alexander mengatakan, jembatan yang putus tersebut merupakan akses satu-satunya jembatan penyeberangan yang selama ini digunakan oleh masyarakat. 

“Sejak banjir bandang di Kecamatan Sokan November 2016 lalu, masyarakat di jalur Sungai Sokan sangat menderita,” ungkapnya belum lama ini.

Dikatakan Alex, setelah tidak ada jembatan gantung, masyarakat sangat dibebani dengan masalah biaya transportasi penyeberangan Sungai Pinoh. Terlebih lagi bagi penggunan motor dan anak sekolah yang tiap hari menyeberang. “Bayangkan bagi warga yang bawa motor, naik sampan biayanya Rp25 ribu pulang pergi (PP),” ujarnya.

Legislator PDI Perjuangan ini mengungkapkan, jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung ke Pasar Sokan. Selain itu, jembatan tersebut juga akses penghubung ke enam desa yang berada di sebelah kanan Sungai Pinoh. “Bahkan jika saya pulang ke kampun ke Desa Keluing Taja, saya juga harus menyeberangi Sungai Pinoh tersebut,”  tuturnya.

Sebagai wakil rakyat, Alex meminta kepada Pemerintah Kabupaten Melawi supaya segera melakukan langkah-langkah untuk membangun kembali jembatan tersebut. Dia juga berharap segera dianggarkan dana untuk jembatan tersebut melalui dana apapun.

“Masyarakat tidak mau tahu jembatan tersebut dibangun menggunakan dana apa. Karena mereka hanya tahu jembatan itu dibangun kembali,” harapnya. Bupati Melawi, Panji sudah menjanjikan pembangunan jembatan gantung sokan tersebut tahun depan. Ia sudah menganggarkan pembangunan jembatan tersebut melalui APBD 2018. “APBD 2018 ini sebentar lagi akan disampaikan ke DPRD. Rencananya jembatan gantung Sokan juga masuk dalam APBD tersebut,” terangnya beberapa waktu lalu. (eko/jee)