Persiapan MTQ VII di Belimbing Hulu Dimantapkan

Melawi

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 450

Persiapan MTQ VII di Belimbing Hulu Dimantapkan
Ilustrasi. Net
MELAWI, SP – Persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VII Tingkat Kabupaten Melawi di Kecamatan Belimbing Hulu menjadi bahasan dalam Rapat Koordinasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) di Hotel Rajawali, Rabu (6/12). LPTQ sudah merencanakan bahwa MTQ akan digelar pada Februari 2018 mendatang.

Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya mengungkapkan teknis pelaksanaan MTQ VII tingkat Melawi akan ditentukan dalam Rakor yang dihadiri camat, KUA dan LPTQ tingkat kecamatan. Termasuk kepastian tanggal pelaksanaan MTQ.

“Kita sudah melakukan beberapa kali rapat dengan bupati, termasuk meninjau persiapan arena MTQ di Desa Tiong Keranjik Kecamatan Belimbing Hulu,” katanya.

Dadi yang juga menjadi Ketua LPTQ Melawi mengatakan Rakor kali ini menjadi upaya konsolidasi serta mengevaluasi berbagai program di bidang tilawatil quran termasuk memantapkan pelaksanaan MTQ Melawi tahun depan.

“Harapan kita semua semoga hasil MTQ di Belimbing Hulu nanti dapat benar-benar berkualitas untuk ditampilkan dalam MTQ Provinsi yang digelar di Mempawah tahun depan,” harapnya.

Dikatakan Dadi, persiapan yang matang mutlak harus dipenuhi sebelum MTQ Melawi dihelat. Karena itu, masukan dari jajaran panitia, LPTQ hingga panitia tingkat kecamatan diperlukan untuk memperbaiki berbagai kekurangan sehingga pelaksanaan MTQ bisa berjalan sukses.

“Saya juga mengingatkan para kafilah agar memanfaatkan potensi para qori dan qoriah lokal Melawi dalam MTQ kabupaten kali ini,” pesannya.

Sementara itu, Camat Belimbing Hulu, Sonten mengatakan persiapan MTQ di Desa Tiong Keranjik sudah mencapai kurang lebih 75 persen. Saat ini, panitia tinggal menunggu kepastian soal anggaran yang akan dikucurkan dalam pelaksanaan MTQ tahun depan.

“Anggaran ini masih dibahas, dan menunggu tanggal pelaksanaan. Untuk persiapan lapangan, seperti penginapan kafilah, termasuk tribun dan astaka sudah siap. Sekarang masih penyelesaian pembenahan lokasi lapangan, kita tunggu dari kabupaten yang akan membantu membersihkan lingkungan,” katanya.

Dari panitia kecamatan dan desa, lanjut Sonten sudah siap menggelar MTQ tingkat kabupaten. Tinggal menunggu kucuran dana 100 persen dari Pemkab Melawi. Ia meyakini pelaksanaan bisa berjalan dengan baik.

“Soal akses jalan menuju Tiong Keranjik, minggu ini sudah dikerjakan. Jalan sudah tidak ada masalah. Bulan satu nanti sudah genah. Listrik juga sudah mulai dipasang. Termasuk soal air bersih dan WC. Saya sudah minta pak kades, bila ada rumah yang perlu tambahan wc nya,” katanya.

Untuk konsumsi, Sonten memaparkan nantinya setiap rumah yang digunakan sebagai penginapan kafilah akan disiapkan kelompok khusus yang memasak makanan. Mereka bertugas menyiapkan makan pagi, siang dan malam.

“Yang penting anggaran kabupaten itu keluar sesuai kebutuhan yang sudah kita hitung,” pungkasnya. (eko/bah)