Perkemahan dan Baksos Gudep SMA 1 Pinoh Selatan

Melawi

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 271

Perkemahan dan Baksos Gudep SMA 1 Pinoh Selatan
BERSIHKAN DRAINASE - Sejumlah anggota pramuka dari Gudep SMAN 1 Pinoh Selatan membersihkan saluran drainase di Desa Meta Bersatu, Sabtu (9/10). (SP/Eko)

Membersihkan Area Rumah Ibadah, Masjid hingga Ramah Tamah


Gugus Depan (Gudep) Raden Paku-Cut Nyak Dien asal SMAN 1 Pinoh Selatan menggelar perkemahan dan bakti sosial di Desa Meta Bersatu, Kecamatan Sayan. Kegiatan yang digelar selama dua hari ini ditutup oleh Ketua Kwarcab Pramuka Melawi, Abang Tajudin, Sabtu (9/12) lalu. 

SP - Pembina Pramuka SMAN 1 Pinoh Selatan, Demus Rawayan, ditemui usai pelaksanaan upacara menuturkan, kegiatan perkemahan dan bakti sosial diikuti 130 anggota Pramuka ini merupakan program Gudep yang dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Bakti sosial yang dilaksanakan kepada masyarakat antara lain adalan membersihkan lingkungan rumah ibadah, membersihkan sungai, membuat plang jalan dan ramah tamah kepada masyarakat,” terangnya.

Demus melanjutkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud bakti para Pramuka SMAN 1 Pinoh Selatan kepada masyarakat sesuai dengan Dasadarma Pramuka. 

“Kami mau membuat terobosan yang berbeda, bahwa Pramuka selama ini hanya bersinergi dari sekolah ke sekolah. Jadi kami bertindak langsung kepada lingkungan masyarakat suapaya ada aksi atau kegunaan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ketua Kwarcab Pramuka Melawi, Abang Tajudin mengatakan bahwa Pramuka bisa diabadikan kepada lingkungan masyarakat melalui bakti sosial. 

“Ini adalah fondasi dalam berkiprah untuk kemasyarakatan, di mana dan kapanpun, bahwa Pramuka siap untuk berbuat dan berbakti kepada masyarakat,” ucapnya.

Ia berharap semangat terus berkobar dan bergelora dalam jiwa Pramuka Melawi, karena kegiatan bakti sosial seperti ini bisa menghindari dari perbuatan-poerbuatan yang negatif di kalangan remaja seperti narkoba. 

“Semoga acara semacam ini dapat dilaksanakan berkesinambungan, dan semakin ditingkatkan pelaksanaannya,” pesannya. (eko susilo/bah)