Melawi Persiapkan Tahapan Pilkades Sembilan Desa

Melawi

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 470

Melawi Persiapkan Tahapan Pilkades Sembilan Desa
Ilustrasi. Net
NANGA PINOH, SP - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi, Junaidi mengungkapkan, pada 2018 ini sebanyak sembilan desa yang akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades). 

“Pelaksanannya kemungkinan satu atau dua bulan setelah Pilkada Gubernur Kalbar. Atau sekitar bulan Juli atau Agustus,” kata Junaidi, kemarin.

Desa-desa yang menggelar Pilkades itu merupakan desa yang masa jabatan Kades-nya berakhir pada tahun 2018 atau di penghujung tahun 2017. Setelah tahun 2018, pemilihan Kades akan dilaksanakan lagi pada tahun 2020, karena untuk pemilihan Kades hanya tiga kali dalam satu periode atau dalam jangka waktu enam tahun.

“Jadi bagi desa-desa yang jabatan Kades berakhir pada tahun 2019, pemilihannya akan digabungkan dengan Pilkades pada tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Junaidi menerangkan, Pilkades tahun ini, sistem pemilihan sama dengan pemilihan Kades tahun 2016. Dimana anggaran untuk pemilihan Kades ditanggung APBD Kabupaten Melawi.

“Sebenarnya telah dialokasikan di APBD Kabupaten Melawi untuk sepuluh desa. Berhubung ada satu desa tidak melalui proses pemilihan, maka hanya sembilan desa yang melakukan pemilihan Kades,” terangnya.

Junaidi juga menyampaikan pada Februari 2018 tahapan Pilkades ini sudah mulai berjalan. Karena itu dia berikan imbauan kepada masyarakat yang ingin mencalonkan diri dan maju pada pemilihan Kades mendatang supaya mempersiapkan diri dan mempersiapkan semua persyaratan yang harus dipenuhi.

“Pemerintah desa juga harus mempersiapkan panitia pemilihan di tingkat desa,” ucapnya.

Dia juga berharap kepada masyarakat agar tidak mudah terpengaruh oleh kampanye hitam. Karena bagaimanapun siapapun yang terpilih menjadi Kades akan menentukan nasib desa itu selama enam tahun ke depan.

“Jadi pilihlah kades yang berkualitas, memiliki SDM yang memadai, serta mampu membangun desa,” pungkasnya. (eko/ang)

Komentar