13 Anggota BPD Lima Desa Dilantik

Melawi

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 101

13 Anggota BPD Lima Desa Dilantik
Ilustrasi. Net
NANGA PINOH, SP - Sebanyak 13 anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Pengganti Antar Waktu (PAW) dari lima desa dilantik oleh Camat Nanga Pinoh, Daniel, Senin (16/4), di Aula Kantor Camat. Penggantian ini dilakukan untuk mengisi posisi sejumlah anggota BPD yang telah kosong atau purna tugas.

Daniel dalam arahannya mengatakan, bersyukur karena telah melakukan proses tahapan pemerintahan kecamatan. Khususnya PAW. 

"Pergantian ini memang harus dilaksanakan, karena ada anggota BPD yang sudah habis masa jabatannya," ujarnya.

Sesuai dengan ketentuan anggota BPD, minimal harus tamatan SMP. Karena hal ini berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai lembaga pengawas pemerintahan desa. Ia pun mengingatkan agar tugas BPD sama halnya lembaga legislatif yang mengawasi kinerja pemerintahan desa.

"BPD tidak perlu minder. Sebab ada anggapan BPD ini hanya untuk pelengkap penderitaan saja. Padahal wewenang mereka cukup strategis sebagai pengawas desa. BPD setara dengan jabatan kepala desa," ucapnya.

Daniel mengingatkan, tugas BPD dalam waktu dekat adalah melakukan pembahasan ABPDes, penetapan tahun 2018 dan semua perlengkapannya. Apalagi saat ini sudah hampir mendekatkan pertengahan tahun.

"Jadi jabatan ini tidak ringan, karena sangat strategis. Maka dari itu, hendaknya harus melaksanakan pekerjaannya dengan baik," katanya.

Dari 13 Anggota BPD tersebut berasal dari Desa Tanjung Lay, Tembawang Panjang, Tanjung Sari, Semadin Lengkong dan Desa Baru. Mereka akan melaksanakan sejak ditetapkan sampai berakhirnya masa tugas pada 2019 atau 2021 mendatang. (eko/pul)

Komentar