Peringatan Hari Lahir Pancasila, Panji Ajak Seluruh Elemen Jaga Nilai Pancasila

Melawi

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 242

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Panji Ajak Seluruh Elemen Jaga Nilai Pancasila
MEMBACA - Bupati Panji membaca teks Pancasila dalam peringatan hari lahirnya Pancasila di Halaman Rumah Jabatan Bupati Melawi. (SP/Eko)
Pemkab Melawi baru menggelar upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Halaman Rumah Jabatan Bupati Melawi, Senin (4/6). Upacaratersebut dihadiri para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Melawi bersama TNI dan Polres Melawi serta para pelajar.

SP - Pada kesempatan tersebut, Bupati Melawi, Panji meminta seluruh elemen agar secara bersama dapat menjaga nilai-nilai Pancasila.

“Tentu yang kita harapkan dari upacara ini, kita semakin yakin, paham dan melihat bukti bahwa Pancasila menjadi pilihan kita berbangsa dan bernegara yang memang tidak ada lain, satu-satunya Pancasila ini,” tegasnya.

Menurut Panji, Pancasila menjadi pandangan hidup negara serta dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia pun berpesan Pancasila sudah menjadi harga mati dan sudah final. Sehingga sudah seharusnya semua pihak beranggapan Pancasila sudah selesai dan menjadi pegangan hidup berbangsa dan bernegara.

“Saya juga mengucapkan terima kasih pada semua elemen bangsa dan lapisan masyarakat, karena kita tak pernah mempersoalkan Pancasila. Yang masih terlihat mempersoalkan pancasila ini bisa jadi orang-orang yang tidak mencintai bangsa Indonesia,” lugasnya.

Menurutnya, Pancasila adalah rumusan dan intisari yang sudah dihasilkan dari para pendiri bangsa, karena mereka mau menegakkan kehadiran bangsa dan negara. Mereka berembuk bersama sebagai keluarga besar masyarakat nusantara dan mereka saling mengerti, memahami.

“Sehingga pancasila menjadi ideologi bangsa kita dan kita tunduk dan taat untuk menjalankannya,” katanya.

Karena itu, sudah seharusnya elemen bangsa juga menyampaikan terima kasih pada para penjuang nasional, tokoh nasional serta pendiri bangsa, serta berbagai kelompok, golongan agama yang sudah meyakini Pancasila sebagai pilihan terbaik.

“Pancasila adalah rumusan jati diri bangsa, sehingga kita duduk bersama sebagai saudara serta keluarga besar. Dan kita merasa nyaman hidup dalam pandangan kita. Mari kita menjaga dan menghayati Pancasila dan kita semakin dewasa dalam menjalankan pandangan hidup Pancasila,” pungkasnya. (eko susilo/pul)