KPU Melawi Buka Posko Pengaduan Tanggapi Keluhan Warga

Melawi

Editor Indra W Dibaca : 126

KPU Melawi Buka Posko Pengaduan Tanggapi Keluhan Warga
Warga mendatangi posko KPU Melawi. (SP/Eko)
MELAWI, SP - KPU Melawi membuat posko pengaduan untuk menangapi keluhan warga yang tidak mendapat undangan C6 dan yang tak terdaftar dalam DPT.

Anggota KPU Melawi, Wenefrida ditemui di posko KPU mengungkapkan pemutakhiran data pemilih sebenarnya sudah dilakukan dengan diumumkan DPS di tiap PPS atau desa. Seharusnya masyarakat saat pengumuman DPS bisa lebih aktif untuk mengecek namanya terdaftar atau tidak. 

“Kalau tidak terdaftar kan diberikan form tanggapan untuk bisa didaftarkan kembali dalam daftar pemilih dan kemudian ditetapkan dalam DPT,” katanya, Rabu (27/6).

Coklit, kata Wene, sudah dilakukan dari tingkat bawah oleh PPDP. Kemudian diplenokan secara bertingkat dari PPS, PPK hingga KPU. 

Saat ini, lanjutnya, bila sudah tak terdaftar dalam DPT, masyarakat tetap bisa menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos mulai pukul 12.00- hingga 13.00 di TPS manapun, yang terpenting sesuai dengan desa domisili yang tercantum dalam KTP atau Suket.

“Kemudian, kalau untuk undangan C6, ini kan hanya sebuah undangan memilih. Kalau memang terdaftar di DPT, bisa langsung menggunakan hak pilihnya. Makanya kita punya inisiatif membangun posko ini, agar masyarakat bisa mengecek Namanya di DPT dan mengetahui di TPS mana dia mencoblos,” ujarnya. (eko)