Pleno KPU di Melawi, Midji-Norsan Unggul dengan 64.581 Suara

Melawi

Editor Indra W Dibaca : 397

Pleno KPU di Melawi, Midji-Norsan Unggul dengan 64.581 Suara
Penandatanganan hasil pleno rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Melawi. (SP/Eko)
NANGA PINOH, SP - KPU Melawi menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2018 tingkat kabupaten, di Gedung Emaus Melawi, Kamis (5/7).

Rapat pleno KPU ini dimulai sekitar pukul 09.35 WIB. Pembacaan dari setiap PPK pun berjalan lancar.

Dari hasil rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Melawi, pasangan calon (paslon) nomor urut 3, Sutarmidji-Ria Norsan unggul atas dua paslon lainnya dengan perolehan 64.581 suara. Sedangkan paslon nomor urut dua, Karol-Gidot meraih 50.152 suara. Dan Paslon nomor urut satu, Milton-Boyman meraih 15.099 suara.

Adapun jumlah suara sah sebanyak 129.832 serta surat suara tidak sah sebanyak 1. 872 lembar. Sehingga total pengguna hak pilih sebanyak 131.704 pemilih.

Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo menyampaikan terima kasih pada seluruh pihak, baik pihak keamanan, panwaslu serta para saksi Paslon yang hadir dalam pleno.

"Penghargaan setinggi-tingginya atas partisipasi semua pihak yang sudah mensukseskan pelaksanaan rekapitulasi hasil suara Pilgub Di Melawi. Sejumlah catatan dalam pleno ini akan menjadi perhatian dan pengalaman kita pada pemilu berikutnya," katanya.

Dalam pleno tersebut, anggota Panwaslu Melawi, Johani menyampaikan adanya sejumlah perbaikan. Penyebab nya ada kesalahan input DPT, khususnya dalam memasukkan jumlah pemilih perempuan yang tertukar pada kolom laki laki atau kebalikannya. Ini terjadi di tiga kecamatan.

"Kemudian ada dalam daftar pemilih pindahan( DPPH) yang  kami minta klarifikasi. Misalnya yang tercatat di daftar pemilih ada 18. Hanya yang menggunakan surat suara hanya 11. Ini ada di lima kecamatan," paparnya. (eko)