101 Jamaah Calon Haji Melawi Ikuti Manasik Haji

Melawi

Editor Indra W Dibaca : 184

101 Jamaah Calon Haji Melawi Ikuti Manasik Haji
Jamaah calon haji Melawi mengikuti manasik haji. (SP/Eko)
NANGA PINOH, SP – Sebanyak 101 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Melawi mengikuti manasik haji yang digelar oleh Pemkab Melawi, Rabu (11/7). Manasik haji menjadi persiapan para jamaah calon haji yang akan berangkat ke tanah suci.

Ketua Panitia Manasik JCH Kabupaten Melawi, Midi Amin, memaparkan, kuota JCH Kabupaten Melawi pada tahun ini sebanyak 101 orang.

JCH Kabupaten Melawi akang berangkat dari Nanga Pinoh menuju Pontianak pada tanggal 30 Juli 2018. Kemudian dari Pontianak ke Embarkasi Batam pada 31 Juli 2018, dilanjutkan dari Batam ke Jeddah pada 1 Agustus 2018.

“Dalam perjalanan, Pemkab Melawi memberikan bantuan kepada masing-masing JCH sebesar Rp 1,5 juta per orang,” ujarnya.

Midi melanjutkan, manasik haji ini akan digelar selama empat hari kedepan. Jamaah akan diberikan pengetahuan terkait tahapan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

“Sehingga setiap calon jamaah bisa melaksanakan rukun haji dengan benar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Melawi, Abdulbar mengatakan, ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi setiap orang yang memenuhi syarat istitha'ah (mampu), baik secara finansial, fisik, maupun mental, sekali seumur hidup.

“Disamping itu, dalam menunaikan ibadah haji yang semakin terbatas, juga menjadi syarat dalam menunaikan kewajiban ibadah haji. Sehubungan dengan hal itu, penyelenggara ibadah haji harus didasarkan pada prinsip keadilan untuk memperoleh kesempatan yang sama bagi setiap warga Indonesia yang beragama Islam,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Melawi, Panji, mengharapkan semua JCH agar mengikuti secara seksama semua petunjuk dari pembimbing sehingga nantinya tidak mengalami kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.

“Saya ucapkan selamat kepada peserta manasik haji yang telah mendapat panggilan menunaikan ibadah haji. Kesempatan ke Tanah Suci merupakan anugerah karena masih cukup banyak umat Muslim yang memiliki niat berhaji namun belum mendapat kesempatan,” ujarnya.

Panji juga meminta seluruh JCH Melawi menjaga kesehatan hingga keberangkatan dan pelaksanaan ibadah haji mendatang. Sehingga dalam ibadah nanti mampu mengikuti seluruh tahapan haji hingga selesai tanpa adanya cacat cela. (eko)