Peringati HUT Bhayangkara ke-72, Diharap Jadi Momentum Meningkatkan Kualitas Kerja Polri

Melawi

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 167

Peringati HUT Bhayangkara ke-72, Diharap Jadi Momentum Meningkatkan Kualitas Kerja Polri
UPACARA - Aparat kepolisian tampak serius mengikuti upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-72, di Halaman Polres Kapuas Hulu. HUT Bhayangkara ke-72 ini diharapkan jadi moment bagi Polri meningkatkan kualitas kerja. (SP/Syafari)
Jajaran Polres Melawi menggelar upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-72, di Halaman Mapolres Melawi, Rabu (11/7). Dalam upacara ini turut hadir Wakil Bupati Melawi, Perwira Penghubung Kodim 1205 Sintang, Dansubden POM, Danki 642 Kapuas, Kasatpol PP, Kepala Dishub Melawi beserta sejumlah tokoh masyarakat, dan tokoh adat.

SP - Kapolres Melawi, AKBP Ahmad Fadlin yang menjadi inspektur upacara, menyampaikan sejumlah pesan presiden, di antaranya sepanjang 72 tahun Polri telah memberikan sumbangsih dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, serta perlindungan pengayoman dan pelayanan masyarakat.
 
"Kita juga telah menyaksikan berbagai prestasi yang telah diukir Polri, seperti penanganan terorisme, narkoba, kasus-kasus yang menjadi perhatian publik. Berbagai agenda nasional maupun internasional telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah, masyarakat dan dunia internasional,” katanya.

Ahmad Fadlin berharap, dalam momentum ini, seluruh jajaran Polres Melawi dapat melakukan evaluasi serta meningkatkan kualitas kerja, dengan memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat.

“Kurangi pelanggaran anggota pada masyarakat. Kemudian kikis budaya kekerasan serta segala perilaku korupsi. Dan yang paling penting adalah, tingkatkan profesionalisme sebagai anggota Polri dalam berbagai aktivitas dan kegiatan,” pesannya. 

Fadlin juga berharap, dengan semakin tua usia Korps Bhayangkara, Polri bisa semakin dicintai dan makin dipercaya oleh masyarakat.

“Kemitraan harus terus dibangun, hubungan yang harmonis antara polisi dengan masyarakat harus diciptakan,” katanya.

Usai pelaksanaan upacara, Polres Melawi kemudian menggelar acara syukuran dengan pemotongan tumpeng langsung oleh Ahmad Fadlin, bersama Ketua Bhayangkari Ny Rini Ahmad Fadlin. Potongan pertama diberikan kepada Personel tertua di Polres Melawi yaitu Kabag Ren, Kompol Asdin Tamba dan Personel termuda yaitu Bripda Johanes Ricardo Sibuea.

Pelaksanaan upacara dan syukuran peringatan HUT Bhayangkara sendiri baru bisa digelar pada 11 Juli, mengingat pada 1 Juli lalu sebagian besar anggota kepolisian masih disibukkan dengan pengamanan Pilkada serentak. 

Sementara itu, Polres Kapuas Hulu juga menggelar kegiatan yang sama. Kapolres Kapuas Hulu, AKBP R Siswono mengatakan, melalui peringatan ini, diharapkan dapat menjadi momentum dalam merefleksi diri guna meningkatkan pelaksanaan tugas dan fungsi Polri.

"Presiden RI menyampaikan rasa hormat dan penghargaannya terhadap para sesepuh Polri yang telah berjuang dan berjasa, serta mengabdi dalam membangun dan mengembangkan lembaga kepolisian," terangnya.

Saat ini dunia berubah begitu cepat, dimana sudah memasuki era kompetisi, bukan hanya antar individu, antar daerah, antar provinsi tetapi sudah antar negara.

"Kunci mengahadapi masa depan yakni, dengan reformasi Polri secara menyeluruh dan konsisten," terangnya.

Polri harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman agar masyarakat dapat melaksanakan aktifitasnya. Untuk itu, Polri harus mampu mengedepankan tindakan penangkalan dan pencegahan.

"Petakan, deteksi dan antisipasi setiap potensi kerawanan yang ada. Selain itu, lakukan penanganan yang tepat untuk menghindari gangguan Kamtibmas," jelasnya.
 
Selain itu, Polri juga harus berani menegakkan hukum, yakni dengan memberantas setiap bentuk kejahatan dan kriminalitas secara tegas, profesional dan tidak diskriminatif. Dengan demikian mampu menjamin kepastian hukum dan memenuhi rasa keadilan. (eko susilo/syafari/pul)