Raker Persiapan Porprov XII, Pengcab Diminta Prioritaskan Atlet Lokal Melawi

Melawi

Editor Indra W Dibaca : 145

Raker Persiapan Porprov XII, Pengcab Diminta Prioritaskan Atlet Lokal Melawi
Pertemuan KONI dengan para pengurus cabang olahraga yang ada di Melawi. (SP/Eko)
NANGA PINOH, SP - KONI Melawi bekerja cepat untuk melaksanakan sejumlah program kerja pasca dilantik dua pekan lalu. Salah satu PR besar yang menanti yakni persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII yang akan diselenggarakan di Pontianak.

Agenda pertama terkait Porprov yakni menggelar pertemuan KONI dengan para pengurus cabang olahraga yang ada di Melawi.

Pertemuan ini membahas soal kesiapan Pengcabor untuk mengirimkan atletnya di ajang empat tahunan tersebut.

"Ini rapat pertama yang kami gelar bersama pengurus cabang olahraga. Kami berharap saran dan kritik  untuk kemajuan olahraga Melawi kedepan," kata Ketua KONI Melawi, Suarli dalam rapat kerja di Sekretariat KONI di jalan Juang Nanga Pinoh, Senin (6/8) malam.

Suarli memaparkan rapat kerja kali ini memang difokuskan untuk membahas persiapan atlet yang akan mengikuti Porprov. Kabupaten Melawi dalam rapat bersama KONI Provinsi Kalbar, beberapa waktu lalu memang sudah mendapat alokasi atau kuota atlet yang bisa dikirim dalam Porprov.

"Hanya tentu kita hanya mengirim bila Pengcabnya siap. Ada juga yang masih dipertanyakan, seperti ada pengcab yang tidak ikut pra kualifikasi atau Kejurda tapi dapat kuota atlet, ini nanti seperti apa. Takutnya nanti kita kirim, malah mendapat protes dari kabupaten lain yang memang mengikuti Kejurda atau pra Porprov," paparnya.

Sekretaris KONI, Indra Fahrudi, mengungkapkan Melawi mendapat kuota 286 atlet. Walau awalnya yang bisa mengirimkan atlet adalah cabor yang atletnya mampu masuk dalam peringkat delapan besar pada Kejurda, Kejurprov atau pra Porprov.

"Melawi dapat kuota untuk 23 cabang olahraga. Hanya nanti akan dibicarakan pola pengiriman atlet, berdasarkan prestasi dan peringkat Kejurda. Sekarang kami baru pendataan SK SK pengcab. Ada beberapa pengcab yang sudah melaksanakan TC. Ada beberapa yang belum karena keterbatasan dana," jelasnya.

Di tempat  yang sama, Penasehat KONI sekaligus Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Melawi, Nahru, menilai kesiapan KONI memang sampai kini belum ada sama sekali. Namun, mempersiapkan kontingen Melawi di ajang Porprov sudah menjadi kewajiban.

"Fokus kita untuk mengikuti Porprov yang akan digelar kapan saja. Ini perlu diperhitungkan karena kemampuan Melawi dalam pendanaan sangat terbatas. Sementara atlet dan ofisial yang turun lumayan banyak," ujarnya. (eko)