Akhirnya, Pemkab Melawi Bayar Hutang

Melawi

Editor Jindan Dibaca : 428

Akhirnya, Pemkab Melawi Bayar Hutang
ilustrasi
NANGA PINOH , SP – Pemkab Melawi sudah memulai pembayaran utang jangka pendek, utamanya yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) 2017 lalu. 

Pembayaran dilakukan usai dilakukan review atau pemeriksaan oleh Inspektorat.

Bupati Melawi, Panji ini mengungkapkan, proses pembayaran utang sudah berjalan. Kendati demikian, ia belum mengetahui persis persentase pembayaran utang.

“Inspektorat sekarang sedang melakukan verifikasi semua data. Dan itu (pembayaran utang) sudah mulai berjalan. Hanya sejauh mana dan berapa persentase saya belum cek,” katanya, Minggu (9/9).

Panji memaparkan, untuk pengakuan utang jangka pendek memang harus diselesaikan pada tahun ini. Tak bisa lagi ditunda pembayarannya, apalagi sampai masuk pada APBD tahun berikutnya.

“Karena pembayaran utang ini menjadi prioritas kita untuk diselesaikan segera tahun ini. Hanya mungkin berdasarkan verifikasi yang telah diselesaikan, termasuk dari pemeriksaan BPK, klaim utang yang akan dibayarkan tidak sebanyak seperti yang diklaim saat awal karena bisa terjadi pergeseran,” katanya.

Ditegaskan Panji, Pemkab tetap memperhatikan pelaksanaan pekerjaan fisik di lapangan. Kalau tidak selesai dikerjakan 100 persen, tentunya pemerintah juga tidak akan membayarnya 100 persen.

“Disitu makna pentingnya verifikasi data,” jelasnya.

Panji sendiri belum bisa memastikan kapan selesainya seluruh utang pihak ketiga, terutama yang bersumber dari DAU 2017. Hanya pemerintah, harus melihat berapa yang sudah dibayar, dan mana yang belum.

“Prioritasnya penyelesaian utang jangka pendek itu yang harus dikedepankan,” katanya. (eko)