Aturan Pecat ASN Koruptor Munculkan Efek Jera

Melawi

Editor Angga Haksoro Dibaca : 329

Aturan Pecat ASN Koruptor Munculkan Efek Jera
Ridwan Saidy
Melawi, SP - Tokoh Masyarakat Melawi, Ridwan Saidy meminta Pemkab Melawi melaksanakan aturan memecat aparatur sipil negara yang terlibat kasus korupsi. Pemecatan terhadap ASN koruptor yang sudah memiliki putusan hukum tetap, dapat memberikan efek jera.  

“Bila ini tidak dilakukan, malah memunculkan kesan pemda melindungi koruptor. Padahal dalam undang-undang ASN sudah jelas, jika terbukti bersalah dan memiliki putusan hukum tetap harus diberhentikan dengan tidak hormat,” kata Ridwan Saidy, Minggu (30/9).  

Ridwan yang pernah menjabat anggota dewan periode 2009-2014 menilai, sikap tegas pemerintah pusat menindak para koruptor semestinya diikuti pemerintah daerah.  

“Bila putusan pengadilan menyatakan seseorang bersalah, tentunya itu sudah melalui penyelidikan panjang. ASN koruptor ini berperan dalam hal merugikan negara, bukan lagi soal apakah dia menikmati atau tidak,” ujar Ridwan.  

Yang penting, lanjut Ridwan adalah bagaimana agar tidak ada lagi aparatur sipil negara di Kabupaten Melawi yang terlibat kasus korupsi. (eko)