Kejahatan Meningkat, Warga Diminta Siskamling

Melawi

Editor Angga Haksoro Dibaca : 136

Kejahatan Meningkat, Warga Diminta Siskamling
Nanga Pinoh, SP – Kasus kriminalitas di wilayah hukum Polsek Nanga Pinoh meningkat beberapa bulan terakhir. Warga resah dengan sejumlah kejadian kriminal, seperti pencurian, pembongkaran rumah sampai merebaknya hoax.  

Kapolsek Nanga Pinoh, Iptu Mulai Sembiring ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/10) mengungkapkan, pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi terkait situasi Kamtibmas di wilayah Nanga Pinoh. “Pertemuan ini menghadirkan kepala desa dan Camat Nanga Pinoh serta sejumlah stakeholder terkait,” katanya.  

Sejumlah kasus kriminal diantaranya pencurian di rumah warga, pencurian meteran PDAM, sampai kasus penggelapan.   “Laporan yang masuk ke kami sampai bulan ini sekitar 7 kasus kriminal. Untuk kasus pencurian meteran PDAM, biasanya para pelanggan akan melapor ke PDAM karena harus mengurus penggantian meteran. Info dari PDAM dari Agustus dan September ada 42 meteran yang hilang,” katanya.    

Mulai Sembiring mengimbau seluruh desa membangun pos keamanan lingkungan (Kamling) di pemukiman. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas di desanya.  

“Kalau sudah ada, tinggal mengaktifkan siskamling. Karena kami mendapat info, kebanyakan aksi kejahatan, seperti bongkar warung, pencurian dilakukan di atas jam 12.00 malam,” kata Mulai Sembiring.  

Camat Nanga Pinoh, Daniel meminta semua desa melakukan pengamananan lingkungan dengan siskamling. “Kami juga meminta agar seluruh aparat desa bisa berkoordinasi dengan aparat keamanan,” ucapnya. (eko)