9 Desa di Melawi Gelar Pilkades Serempak

Melawi

Editor Angga Haksoro Dibaca : 140

9 Desa di Melawi Gelar Pilkades Serempak
Nanga Pinoh, SP – Sembilan desa yang tersebar di 5 kecamatan di Kabupaten Melawi menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serempak, Rabu (10/10). Pelaksanaan pilkades dilaporkan aman.  

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Junaidi, menerangkan 9 desa yang menggelar pilkades tersebar di Desa Poring Kecamatan Nanga Pinoh, Desa Nanga Ella dan Jabai di Kecamatan Ella Hilir, Desa Tiong Keranjik, Junjung Permai dan Nanga Raya di Kecamatan Belimbing Hulu, serta Desa Nanga Ora, Sijau, dan Nanga Sokan di Kecamatan Sokan.

“Pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara digelar hari ini. Dalam pilkades ini kami menurunkan staf ke setiap kecamatan. Termasuk dari pihak kepolisian,” kata Junaidi.  

Menurut Junaidi, pilkades tahun ini terbilang lebih ringan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab jumlah desa yang menyelenggarakan pilkades jauh lebih sedikit. “Tahun lalu kita menyelenggarakan pilkades di 40 desa.”  

Setelah hasil suara dihitung, hasilnya dapat langsung diantar ke kantor Kabupaten Melawi. Jika tidak ada halangan atau gugatan dari calon kepala desa, pelantikan kepala desa terpilih akan dilakukan awal November. “Semoga semua penyelenggaraan pilkades berjalan aman dan damai sampai selesai seluruh tahapan,” ujarnya.  

Camat Ella Hilir, Syaripuddin mengungkapkan pihaknya sudah melakukan monitoring sepekan sebelum digelarnya pilkades serempak. Di Ella Hilir, ada 2 desa yang menggelar pilkades yakni Desa Jabai dan Nanga Ella. (eko)