3.800 Pelamar CPNS Melawi Hanya 64 Lolos Kompetensi Dasar

Melawi

Editor Angga Haksoro Dibaca : 1665

3.800 Pelamar CPNS Melawi Hanya 64 Lolos Kompetensi Dasar
Gubernur meninjau proses tes CPNS di Pontianak.
Nanga Pinoh, SP - Tes calon pegawai negeri sipil tahun ini benar-benar menjadi momok bagi ribuan pelamar CPNS di Melawi. Bagaimana tidak, dari 3.800-an pelamar yang mengikuti tes CAT dalam seleksi kompetensi dasar, hanya 64 orang yang lulus.  

Kebanyakan peserta dinyatakan tidak lolos tes kepribadian. Ambang batas minimal untuk lolos tes ini 143 poin sehingga sulit ditembus.  

Rama, salah seorang peserta seleksi CPNS di Melawi mengaku kesal karena gagal dalam tes kepribadian. Padahal dari hasil tes yang sudah dia lalui, yakni tes wawasan kebangsaan dan inteligensi umum, Rama berhasil melampaui nilai minimum.  

“Tes kepribadian dasar yang tidak lulus. Hampir rata-rata dalam sesi yang kami ikuti, pesertanya tidak lulus tes ini,” kata Rama Senin, (5/11).  

Menurut Rama yang membuat tes kepribadian begitu rumit adalah soal yang terbilang panjang dan pilihan jawaban yang mirip antar satu dengan yang lainnya. Waktu 90 menit yang disediakan untuk mengerjakan total 100 soal pun dianggap kurang.  

“Padahal kalau ada waktu lebih, mungkin bisalah kami ini mengejar passing grade untuk TKD. Membaca soal saja sudah habiskan waktu banyak, belum lagi memikirkan jawabannya,” keluhnya.  

Dari pantuan Suara Pemred, sebenarnya tidak sedikit peserta yang nilainya tesnya terbilang tinggi. Bahkan ada yang mampu melampaui 350 poin atau lebih tinggi, namun gagal lulus karena nilai tes kepribadiannya di bawah 143.  

Agus, salah seorang peserta tes mengungkapkan ia dan adiknya sama-sama tak lulus gara-gara nilai TKD di bawah ambang batas. “Padahal TIU dan TWK sudah lebih dari 100. Sudah lewat passing grade. Namun sayang, sangkut di TKD,” katanya. (eko)