Pelamar Gugur, CPNS Melawi Tak Penuhi Kuota

Melawi

Editor Angga Haksoro Dibaca : 310

Pelamar Gugur, CPNS Melawi Tak Penuhi Kuota
Nanga Pinoh, SP - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Melawi, Paulus mengatakan melihat fenomena ini ada kemungkinan kuota CPNS Melawi 260 formasi tak akan terpenuhi.  

Apalagi hingga hari terakhir, Senin (5/11), hanya 64 peserta dari total 3.862 peserta yang mengikuti SKD yang bisa melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.  

“Bupati sudah perintahkan kita untuk menyurati Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, kiranya ada kebijakan lain untuk menyikapi hasil tes ini supaya daerah tidak dirugikan dengan formasi yang ada,” kata Paulus.  

Dikatakan Paulus, ini adalah salah satu cara agar formasi CPNS yang diberikan oleh pemerintah pusat tidak terisi karena para peserta gugur pada tes CAT BKN.  

Menurut Paulus, kejadian ini tidak hanya terjadi di Melawi, tapi juga di daerah lain. “Harapan kami, ada kebijakan menyikapi banyaknya peserta yang tak mencapai passing grade. Dengan hasil ini, kita juga kecewa sebenarnya. Karena kita sudah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya siang malam, tenaga dan waktu, hasilnya sia-sia,” katanya.  

Paulus mengungkapkan sebelum dilaksanakan tes CPNS, ada sejumlah formasi yang tak ada pelamar. Diantaranya formasi dokter spesialis sebanyak empat orang, kemudian formasi K2 dari tujuh formasi hanya ada dua yang mendaftar, dan satu formasi administrasi perkantoran D3 juga kosong pelamar.  

“Jadi total yang kosong karena tidak ada pelamar sudah mencapai 10 formasi. Sekarang tinggal 250 kuota CPNS. Belum lagi nanti kalau hanya mengandalkan passing grade, sedikit sekali yang bisa terisi.” (eko)