Kamis, 19 September 2019


DPRD 2019-2024 Dilantik Hari Ini

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 95
DPRD 2019-2024 Dilantik Hari Ini

GLADI BERSIH - Proses gladi bersih pelantikan Anggota DPRD Melawi pada Sabtu (7/9) lalu. Pelantikan resmi akan digelar pada Senin (9/9) ini. Ist

NANGA PINOH, SP – Pelantikan Anggota DPRD Melawi hasil Pemilu Serentak 2019 bakal digelar Senin (9/9) siang. 30 dewan terpilih periode 2019-2024 akan diambil sumpah dan janji untuk melaksanakan tugas sebagai legislator selama lima tahun ke depan.

Persiapan pelantikan pun dilakukan oleh Sekretariat DPRD Melawi sejak beberapa hari terakhir. Pada Sabtu (7/9) bahkan telah digelar gladi bersih yang diikuti hampir seluruh anggota dewan Melawi.

Plt Sekretaris DPRD Melawi, Alamsyah menuturkan, digelarnya gladi resik, agar saat pelantikan nanti para dewan baru mengetahui apa saja yang akan dilakukan dalam prosesi pelantikan tersebut. 

Alamsyah menerangkan bahwa semua anggota dewan periode 2019-2024, diundang untuk mengikuti rangkaian acara gladi resik pelantikan itu, namun ada sejumlah anggota dewan tidak hadir.

“Mereka kita latih, mulai dari memasuki ruang paripurna, hingga prosesi penempatan tempat duduk sampai proses pembacaan sumpah janji dan bagian lain yang berhubungan dengan pelantikan sampai selesai,” jelasnya.

Sementara itu, untuk pimpinan sementara DPRD Melawi, duet partai pemenang pemilu, yakni Nasdem dan PAN bakal menjadi ketua dan wakil ketua DPRD sementara. 

Berdasarkan Informasi yang diperoleh, Ketua DPRD Sementara akan dijabat Widya Hastuti. Hal ini karena karena Partai Nasdem meraih kursi terbanyak, yakni enam kursi dan yang bersangkutan meraih suara terbanyak di internal Partai NasDem, sebanyak 4.333 suara.

Sementara Hendegi Januardi UY, ditugaskan PAN untuk menjadi Wakil Ketua DPRD Sementara, karena meraih kursi terbanyak kedua, yakni empat kursi dan yang bersangkutan meraih suara terbanyak di semua anggota DPRD terpilih, yakni 6.049 suara.

“Tugas Pimpinan DPRD Sementara, antara lain memfasilitasi rapat-rapat internal DPRD Melawi yang berkaitan dengan pembentukan fraksi-fraksi, perumusan penyusunan rancangan Tata Tertib DPRD, dan memfasilitasi terbentuknya pimpinan definitif,” jelas Alamsyah.

Alamsyah mengatakan, di luar proses pelantikan, pihaknya juga sudah memastikan seluruh agenda akan berjalan lancar. Undangan juga telah disebar ke berbagai pihak.

“Minggu ini, kami yakin sudah 100 persen. Intinya dari Setwan telah siap untuk melakukan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Alamsyah, terkait pengamanan, pihaknya melibatkan personel Polres Melawi, termasuk Satlantas untuk mengatur lalu lintas dan didukung instansi terkait dari Pemkab Melawi. (eko/lha)