Kamis, 19 September 2019


30 Anggota DPRD Melawi Dilantik

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 101
30 Anggota DPRD Melawi Dilantik

PENGAMBILAN SUMPAH - Pelantikan 30 Anggota DPRD Melawi Periode 2019-2024, Senin (9/9) oleh Ketua Pengadilan Negeri Sintang. Dewan baru Melawi diharapkan memiliki sense of crisis yang tinggi dalam melihat problematika masyarakat saat ini.

NANGA PINOH, SP - 30 Anggota DPRD Melawi Periode 2019-2024 resmi dilantik, Senin (9/9) siang oleh Ketua Pengadilan Negeri Sintang, Yogi Dulhadi. 

Pengambilan sumpah janji anggota DPRD Melawi digelar di Ruang Paripurna DPRD dan dihadiri ratusan tamu undangan, termasuk di antaranya Sekda Provinsi Kalbar, A Leysandri, yang hadir mewakili Gubernur Kalbar.

Tokoh muda Melawi, Bambang Setiawan, menilai tugas dewan ke depan semakin berat tantangannya. Apalagi mengingat DPRD Melawi Periode 2019-2024 diisi banyak orang-orang muda.

"Secara pengalaman, perlu jam terbang yang banyak untuk mengurus masyarakat dengan persoalan masyarakat yang sedemikian kompleks," ujarnya.

Bambang pun menekankan sense of crisis, dewan baru ini harus tinggi. Begitu pula dengan rasa empati terhadap persoalan masyarakat. Dengan kondisi ekonomi yang dirasa saat ini semakin memburuk, para legislator Melawi dituntut mampu memberikan solusi melalui kebijakan-kebijakan kedewanan.

"Tantangan kedua, anggota DPRD harus menyikapi pembahasan APBD dengan serius. Harus dikesampingkan persoalan yang menyangkut kepentingan pribadi, kelompok, dan partai. Harus mengedepankan kepentingan yang masyarakat," katanya.

Persoalan keterlambatan pembahasan APBD, kata dia, jangan kembali berlarut-larut seperti dulu. Karena keterlambatan APBD berdampak juga pada masyarakat.

"Tujuan APBD kan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kalau berlarut-larut, tentu berdampak juga pada masyarakat," tuturnya.

Tantangan ketiga, lanjut Bambang, di periode sebelumnya komunikasi legislatif dan  eksekutif tidak berjalan dengan baik. Padahal, Pemda terdiri dari Kepala Daerah dan DPRD. 

"Kita berharap, dengan dewan baru, dengan orang muda dan semangat baru, bisa mengubah komunikasi yang mandek antara legislatif dan eksekutif. Harapannya ke depan, dengan terpilih dan dilantiknya DPRD yang baru bisa membawa angin segar perubahan bagi masyarakat Melawi," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Melawi periode 2010-2019, Abang Tajudin, menyampaikan  ucapan selamat pada dewan yang baru dilantik. Ia juga menyampaikan salam perpisahan setelah tak lagi menjabat sebagai anggota DPRD Melawi. 

"Terima kasih atas kerja sama yang telah dibangun serta dedikasi selama dua periode. Saya juga mohon maaf bila selama dua periode memimpin DPRD Melawi ada kesalahan yang menyakiti rekan-rekan ataupun mitra kerja kami Pemkab Melawi," ujarnya.

Tajudin juga mengatakan, setidaknya masih ada tujuh agenda DPRD di tahun 2019 yang belum terselesaikan oleh DPRD Melawi periode 2014-2019. Di antaranya Laporan Pembahasan Empat Raperda, dan Pendapat Akhir fraksi terhadap empat Raperda, Rekomendasi LHP BPK atas laporan keuangan Melawi tahun 2018.  LPJ APBD 2018, Laporan Badan Anggaran dan penandatanganan KUA PPAS APBD 2020, serta Pembahasan KUA-PPAS APBD Melawi Tahun 2019.

"Agenda ini diharapkan bisa dilaksanakan oleh DPRD Melawi yang dilantik hari ini," katanya. 

Usai pengambilan sumpah janji anggota DPRD Melawi, dilakukan penyerahan palu sidang dari Abang Tajudin kepada pimpinan DPRD sementara yang ditunjuk, yakni Widya Hastuti sebagai Ketua Sementara serta Hendegi Januardi sebagai Wakil Ketua Sementara. 

Dalam sambutannya,Widya Hastuti mengapresiasi suasana kondusif di Melawi sehingga pemilu dapat berjalan lancar, aman, tertib, dan damai. 

"Semoga hari ini, angka sembilan menjadi hari yang baik untuk mengawali sesuatu yang baik pula. Makin baik hubungan silaturahmi antara masyarakat ,eksekutif, legislatif serta forum pimpinan daerah lainnya," ujarnya.

Widya berharap, perjalanan Melawi ke depan semakin baik dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan sehingga terhindar dari persoalan hukum. 

"Makin baik dalam planning dan organisasi serta aktualisasi serta pengawasan. Dan opini WTP yang kita idam-idamkan bisa menjadi kenyataan" harapnya. (eko/lha)

Wajah Baru, Semangat Baru

Bupati Melawi, Panji, menilai DPRD Melawi periode baru ini banyak diisi wajah baru dan tokoh tokoh muda yang memiliki semangat serta motivasi baru untuk membangun Melawi maju, makmur, dan sejahtera. 

Dengan tiga fungsi yang dimiliki, dewan baru tersebut juga diharapkan memiliki inovasi kebijakan untuk membangun Melawi lebih baik.

"Saya berharap, mari kita bahu-membahu melanjutkan program legislasi daerah, bahwa kita harus semaksimal mungkin dalam membuat standarisasi produk hukum daerah serta membuat SOP agar memiliki kepastian dalam menjalankan tata kelola pemerintahan dan tata kelola keuangan daerah," ujarnya. 

Panji mencontohkan dalam program legislasi ini, masih banyak jalan yang belum memiliki nama, termasuk asset-aset daerah . Bahkan stadion pun yang sudah memiliki nama belum ditetapkan dengan Perda.

Sedangkan untuk fungsi budgeting, dirinya mendorong agar DPRD ke depan bisa memaksimalkan capaian anggaran yang dimiliki dan anggaran yang ada, bisa memberikan manfaat. Untuk fungsi pengawasan Panji meminta 30 anggota DPRD, saling bahu-membahu memberikan pengawasan.

"Saya sangat memerlukan upaya pengawasan dari legislatif sesuai dengan ketentuan yang ada, bukan untuk mencari kesalahan atau kekurangan. Setidak-tidaknya sebagai pelaku politik praktis, mari memberikan pendidikan yang berkualitas, yang beretika, bukan saling menghujat dan mencaci maki dan mencari kesalahan, dan menggunakan cara murahan menyebar hoaks, ujaran kebencian hingga provokasi," harapnya. (eko/lha)