Minggu, 17 November 2019


Penilaian Lomba PKK-KKBPK-Kesehatan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 151
Penilaian Lomba PKK-KKBPK-Kesehatan

PENYAMBUTAN - Ketua Tim Penggerak PKK Melawi saat penyambutan dalam rangka penilaian lomba PKK-KKBPK-KESEHATAN di Ella Hilir. IST

NANGA PINOH, SP - PKK Melawi memulai penilaian lomba Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga, dan Kesehatan (PKK-KKBPK-Kesehatan  tingkat Kabupaten Melawi tahun 2019 di Kecamatan Ella Hilir. 

Lomba yang digelar rutin setiap tahun ini, mendorong terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas serta mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di tiap kecamatan.

Ketua PKK Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri Panji dalam penilaian di Sekretariat PKK Ella Hilir, kemarin mengungkapkan, penilaian lomba PKK-KKBPK-Kesehatan digelar di seluruh kecamatan, minus Kecamatan Menukung yang tahun ini tidak ikut berpartisipasi.

"Untuk Ella Hilir, ada tiga tempat penilaian, yakni lomba sekretariat TP PKK Kecamatan di Sekretariat PKK Kecamtan Ella Hiliri, lomba Posyandu dan PHBS di Desa Popai, dan lomba LBS dan Hatinya PKK di Desa Nanga Nuak," jelasnya.

Perempuan yang biasa disapa Astri Panji ini berharap, Kecamatan Ella Hilir dapat mempertahankan juara umum PKK-KB-Kesehatan yang diraih pada 2018 lalu, dengan meraih juara umum PKK-KKBPK-Kesehatan tahun ini. 

Astri juga mendorong agar hasil kegiatan ini dapat berguna dan bermanfaat untuk masyarakat.

"Serta dapat mendukung menuju kabupaten layak anak, pencegahan stunting, persiapan menghadapi bonus demografi 2020-2030, dan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas untuk Indonesia maju," katanya.

Ketua Tim Penilaian Lomba PKK-KKBPK-Kesehatan  tingkat  Melawi 2019, Ruth Tangrutu mengatakan, pihaknya akan melakukan penilaian yang objektif sesuai dengan kenyataan. Dimulai dari penilaian Sekretariat TP PKK Kecamatan dan dilanjutnya ke Desa Popai untuk penilaian lomba Posyandu dan PHBS.

"Terakhir Desa Nanga Nuak, lomba LBS dan Hatinya PKK yang dilakukan oleh tim penilai masing-masing bidang lomba yang terdiri dari PKK Kabupaten Melawi, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Melawi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi," paparnya.

Dalam penilaian lomba  PKK-KKBPK-Kesehatan, turut hadir anggota DPRD dapil Ella - Menukung, Marwan. Mewakili masyarakat, dirinya menyambut baik dan mendukung kegiatan PKK-KKBPK-Kesehatan ini untuk pembangunan SDM yang berkualitas. 

Ia juga mengatakan berkaitan terhadap regulasi PKK Desa, Posyandu, PHBS, LBS/Kesling, Hatinya PKK, Stunting, ODF, PAUD serta kegiatan lain yang terkait PKK-KKBPK-Kesehatan yang diusul oleh Camat Ella Hilir, akan dilakukan pembahasan dengan Bupati Melawi. (eko/lha)

Jadi Motivasi Desa Lain

Camat Ella Hilir, Syaripudin dalam sambutannya, mengapresiasi tim penilai lomba serta PKK Melawi yang bekerja sama dengan Pemkab Melawi, telah melakukan pemeriksaan gratis untuk ibu hamil di Puskesmas Ella Hilir. 

Ia juga memberikan apresiasi kepada PKK kecamatan, kepala desa, perangkat desa, ketua PKK desa, lembaga adat desa, lembaga kemasyarakatan desa, bidang kesehatan, bidang pendidikan, petugas penyuluh KB, pendamping desa/ lokal desa, WVI, Kompawi serta para pihak yang telah mendukung dan bekerja sama hingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses serta dapat mempertahankan juara umum. 

"Kami berharap, semoga dengan kegiatan ini, bukan hanya kegiatan rutinitas saja untuk mempertanggungjawabkan uang negara, menata administrasi serta untuk mendapatkan penghargaan, tetapi yang sangat penting adalah realisasi kegiatannya yang dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, serta sebagai motivasi dan dorongan bagi desa-desa lainnya untuk berlomba-lomba meningkatkan prestasinya," pungkasnya. (eko/lha)