Kamis, 30 Januari 2020


Sinergisitas Tiga Pilar Dorong Desa Mandiri

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 156
Sinergisitas Tiga Pilar Dorong Desa Mandiri

APEL - Pelaksanaan Apel Tiga Pilar yang diinisiasi kepolisian untuk mendorong desa mandiri di Melawi. IST

Mewujudkan desa mandiri sudah menjadi program utama Pemerintah Pusat. Tiga pilar yang berasal dari unsur bhabinkamtibmas, bhabinsa serta kepala desa diharapkan bisa bersinergi untuk mewujudkan desa mandiri di Melawi.

Hal ini yang melatarbelakangi Polres Melawi menggelar Apel Besar Tiga Pilar di salah satu hotel di Nanga Pinoh, Kamis (5/12). Sejumlah kades, bhabinkamtibmas serta babinsa hadir dalam kegiatan ini.

Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi dalam kegiatan tersebut menyampaikan, desa mandiri merupakan program dari pusat hingga daerah, untuk membentuk daerah dan SDM yang unggul.

"Melalui gelaran Apel 3 Pilar ini, diharapkan sinergitas tiga pilar yang meliputi bhabinkamtibmas, babinsa dan kepala desa, pemantapan desa mandiri khususnya di Kabupaten Melawi dapat diwujudkan," tuturnya.

Kapolres menjelaskan, dalam desa mandiri terdapat indikator keamanan, di mana konteks keamanan harus mandiri. Pemeliharaan kamtibmas terus dilakukan Polres Melawi salah satunya bertindak sebagai motivator menggugah kades dan masyarakat untuk membentuk poskamling.

"Tupoksi kami, yakni bagaimana melaksanakan tugas pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, kemudian memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dan penegakan hukum. Tentunya, keamanan satu kebutuhan utama, di mana keamanan ini bukan hanya tanggung jawab TNI-Polri, tapi tanggung jawab kita semua," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yusra dalam sambutannya mengatakan, keberadaan kepolisian dan TNI merupakan mitra yang baik dalam membangun Kabupaten Melawi mulai dari Desa. 

Terlebih keberadaan bhabinkamtibmas dan babinsa dapat mendorong terciptanya desa mandiri di Kabupaten Melawi.

"Tentunya melalui tiga pilar ini, kita membangun Melawi. Polri dan TNI merupakan mitra yang cukup baik. Terlebih bhabinkamtibmas dan babinsa sebagai ujung tombak di desa," ucapnya 

Sementara Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar, Kombes Pol Gembung Yudha Sri Pamungkas, saat membuka kegiatan Apel 3 Pilar mengatakan, masing-masing pilar harus bisa memerankan perannya. Harus saling mendukung, antara kades, bhabinkamtibmas, dan babinsa.

“Mari kita sama-sama memajukan desa mandiri yang sudah berjalan maupun dicanangkan. Baik dari sisi ekomoni, materiil, budaya, dan SDM di tempat tersebut. Bangun sinergitas antara TNI-Polri dan pemerintah dalam penyelesaian masalah di setiap Desa,” ajaknya.

Dilanjutkannya, kekuatan tiga pilar adalah konfigurasi yang sangat kompleks, harus jaga terus kerja sama, sinergitas dan kekompakan. Tiga pilar sederajat, saling mengisi, harus saling mendukung untuk membangun desa mandiri. 

"Naikkan great-nya secara bertahap agar dapat menjadi desa mandiri," tutupnya. (eko susilo/shella)