Senin, 27 Januari 2020


Kapolres Ikut Bersihkan Material Longsor

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 93
Kapolres Ikut Bersihkan Material Longsor

Bersihkan Material - Aksi Kapolres Melawi yang turun langsung membersihkan materia longsor secara manual. Longsor di sejumlah titik kecamatan Sayan ini membuat jalan provinsi tertutup sebagian. Ist

Polres Melawi bersama masyarakat kembali bergotong-royong untuk memperlancar ruas jalan yang tertimbun longsor di Kecamatan Sayan, Selasa (7/1) lalu. Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi turun langsung memimpin jajarannya untuk membuka jalan provinsi yang menghubungkan Nanga Pinoh-Sayan hingga Tanah Pinoh ini.

Aksi Kapolres Melawi bersama jajarannya dilakukan di lokasi longsor di ruas Jalan Provinsi, tepatnya di wilayah Dusun Tanjung Jati, Desa Lingkar Indah, Kecamatan Sayan. Pembersihan material longsor yang dimulai sejak pagi baru tuntas sekitar pukul 17.00 WIB dengan bantuan satu unit alat berat excavator. 

Kapolsek Sayan, Iptu Oding Ardi mengungkapkan material longsor menutupi jalan dengan Panjang kurang lebih 15 meter. Lebar jalan yang sebenarnya mencapai enam meter tinggal tersisa tiga meter karena tertutup longsor. Hal ini membuat akses jalan menjadi terganggu.

 “Longsor diduga akibat dari tingginya curah hujan di sekitar wilayah tersebut. Longsor ini sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Namun pihak Polsek hanya bisa mendatangi TKP, berkoordinasi dengan perangkat desa serta kecamatan dan melakukan pengaturan arus lalu lintas di sekitar longsor agar masyarakat selalu waspada karena jalan diarea tersebut sangat licin dan takutnya terjadi longsor susulan,” jelasnya.

 Sementara itu, Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi menjelaskan, kerja bakti pembersihan longsoran tanah ini bisa dilakukan karena adanya laporan dari Polsek Sayan dan koordinasi yang baik dengan seluruh stakeholder terkait, sehingga pihak Kepolisian bisa ikut membantu masyarakat membersihkan longsoran tanah ini.

 “Kami dari kepolisian selalu siap membantu. Pelayanan kami bukan hanya sebatas dalam penegakan hukum saja, pelayanan kepada masyarakat sangat banyak ragam, salah satunya ya yang sedang kami kerjakan ini,” jelasnya.

Tris melanjutkan, dengan begitu tingginya material longsor, diperlukan alat khusus untuk membersihkan jalan ini. Upaya membersihkan longsor baru digelar karena kondisi cuaca yang kurang mendukung sebelumnya.

Tris juga menjelaskan, sebagai bagian dari mewujudkan Harkamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi ini, penanganan bencana menjadi salah satu program prioritas Polres Melawi.

 “Karena bencana bisa mengancam kehidupan warga masyarakat. Untuk itu, kami terus menerus menekankan kepada Anggota dan Polsek Jajaran agar responsif dan segera mengambil langkah ketika ada kejadian bencana di Wilayah Hukum Polres Melawi," tegasnya. (eko susilo/jee)