Senin, 17 Februari 2020


Pelihara Harkamtibmas Jelang Pilkades dan Pilkada

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 55
Pelihara Harkamtibmas Jelang Pilkades dan Pilkada

FOTO BERSAMA - Para Bhabinkamtibmas dan unit Binmas dari seluruh Polsek di Jajaran Polres Melawi foto bersama usai rapat koordinasi di Aula Tribharata Polres Melawi, Kamis (13/2).

NANGA PINOH, SP - Dua agenda pesta demokrasi akan dihadapi pada 2020 ini. Pelaksanaan Pilkades serta Pilkada Serentak yang tak lama lagi akan digelar diharapkan bisa berjalan aman. 

Bhabinkamtibmas serta unit Binmas di tiap Polsek pun menjadi ujung tombak pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di penjuru Kabupaten Melawi.

 Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang dihadiri seluruh jajaran Bhabinkamtibmas serta unit Binmas Polsek di Aula Tribharata Polres Melawi, Kamis (13/2), pesan tersebut kembali disampaikan Kabag Ops Polres Melawi, Kompol Dedy F Siregar. 

Rakor ini sendiri membahas strategi untuk terciptanya situasi kondusif jelang pelaksanaan Pilkades dan Pilkada Serentak tahun ini. Apalagi Bhabinkamtimbas menjadi ujung tombak Polri memelihara Harkamtimbas di daerahnya masing-masing.

 Kabag Ops, Kompol Dedy F. Siregar mengapresiasi kegiatan preemtif oleh para Bhabinkamtibmas dalam rangka mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Melawi. 

Ia pun mendorong Bhabinkamtibmas agar meningkatkan kinerja dan terlibat secara aktif dalam kegiatan di desa binaannya, karena Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri untuk menciptakan Harkamtibmas di daerahnya.

 "Laksanakan cipta kondisi yang kondusif menjelang Pilkades dan Pilkada serentak di Kabupaten Melawi pada tahun ini, dengan melakukan pendekatan kepada para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat agar dua agenda ini dapat berjalan dengan aman, damai dan sejuk," pesannya.

 Dedy mengingatkan, sebagai anggota Polri, personel kepolisian tidak boleh terlibat dalam politik praktis, apalagi memihak kepada salah satu pasangan calon. 

Aparat diharapkan ikut mempererat tali silaturahmi dengan para tokoh masyarakat untuk menciptakan keharmonisan, kerukunan dan ketentraman. 

Di tempat yang sama, Kasat Binmas, AKP TP Marbun menyampaikan tugas pokok dan fungsi Sat Binmas adalah bertugas menjalankan dan melaksanakan pembinaan masyarakat. 

Pembinaan itu meliputi kegiatan dalam penyuluhan masyarakat, pemberdayaan perpolisian masyarakat (Polmas), melaksanakan pengawasan masyarakat, melaksanakan koordinasi keamanan masyarakat baik dalam bentuk pam swakarsa (pengamanan swakarsa), polsus (Perpolisian khusus), serta menjalin kerja sama dengan organisasi masyarakat, lembaga–lembaga, baik swasta maupun pemerintah. (eko/bah)