Panitia Imlek dan CGM 2016 Kabupaten Mempawah, Kalbar Tampilkan Wushu dan Naga 100 Meter

Mempawah

Editor sutan Dibaca : 1263

Panitia Imlek dan CGM 2016 Kabupaten Mempawah, Kalbar Tampilkan Wushu dan Naga 100 Meter
NAGA. (antaranews.com)
MEMPAWAH, SP – Penampilan wushu dan atraksi naga sepanjang seratus meter bakal memeriahkan perayaan Imlek 2567 dan Cap Go Meh (CGM) 2016 di Kabupaten Mempawah.

Dipusatkan di Kecamatan Sungai Pinyuh, panitia telah menyiapkan sejumlah acara menarik.
Sekretaris panitia Imlek dan CGM Kabupaten Mempawah, Edi Sugito menjelaskan, perayaan Imlek mengambil lokasi di Kelenteng Yayasan Tri Dharma Bhakti Sungai Pinyuh. Lokasi ditetapkan dengan mempertimbangkan berbagai aspek demi kelancaran perayaan. Dia menerangkan perayaan Imlek 2567 akan dimulai sejak hari Minggu (7/2) pukul 20.00.

Diprediksi sebagaimana tahun lalu, para tamu undangan mulai bupati, jajaran forum koordinasi pimpinan daerah, para pejabat satuan kerja perangkat daerah, tokoh masyarakat, hingga ribuan warga akan berkumpul di halaman Kelenteng Yayasan Tri Dharma Sungai Pinyuh.
“Nantinya para undangan dan masyarakat akan disuguhkan berbagai atraksi, di antaranya wushu dari Majelis Tinggi Agama Konghucu Pontianak, musik angklung dari para pelajar SMP Negeri 1 Sungai Pinyuh, dan tarian multietnis para pelajar SMK/SMA Negeri 01 Sungai Pinyuh,” ungkapnya.

Edi melanjutkan, masyarakat juga akan dihibur dengan atraksi naga. Ada tiga ekor naga yang akan unjuk kebolehan pada malam puncak perayaan Imlek. Satu di antaranya memiliki keunikan, yakni bentuk kepala yang tidak seperti naga-naga pada lazimnya.

“Seperti apa keunikan tersebut, silakan masyarakat datang ke Sungai Pinyuh untuk menyaksikannya. Sedangkan untuk ukuran panjang, naga ini memiliki panjang hingga 100 meter,” ujarnya.

Terakhir, Edi meneruskan, berbagai rangkaian acara hiburan akan ditutup dengan pemotongan kue keranjang jumbo. Pemotongan menurut rencana akan dilakukan Bupati Mempawah Ria Norsan didampingi pendiri Yayasan, Fo Kin Shie atau Sanusi, yang kini berusia 87 tahun.

“Sedangkan acara pamungkas untuk malam perayaan Imlek kita sudah siapkan pesta kembang api. Kembang api dengan berbagai macam jenis dan warna itu akan menghiasi langit Sungai Pinyuh. Sehingga malam perayaan Imlek akan semakin semarak dan meriah,” pungkasnya. (ben/bah)