Bibit, Warga Blitar Kampanyekan Hak Disabilitas di Kalbar

Mempawah

Editor sutan Dibaca : 610

Bibit, Warga Blitar Kampanyekan Hak Disabilitas di Kalbar
Bibit Wahyudianto (53), warga Desa Manggunan, Kecamatan Undanawu, Kabupaten Blitar, Jawa Timur ketika berada di Kabupaten Mempawah, Kalbar. (SP/Ruben)
MEMPAWAH, SP- Bibit Wahyudianto (53) mendadak menjadi inspirasi warga Kota Mempawah. Mengenakan motor roda tiga, tuna daksa asal Desa Manggunan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur ini sengaja tiba di Kota Mempawah, Senin (31/10). Di kota ini, Bibit akan mengkampanyekan hak disabilitas.

"Di sini selain saya kampanye, saya juga ingin melihat langsung dan berkenalan sesama disabilitas tanah air dari kampung halaman mereka," tutur Bibit.

Selama bertemu dan bertatap muka dengan mereka, Bibit ingin membuktikan bahwa mereka yang disabilitas harus hidup dengan semangat dan tidak minder apalagi malu sungkan. Ia mengaku rela berkeliling Indonesia demi misi tadi.

Tercatat, sudah ada 10 provinsi yang disinggahi. Tepatnya sejak 2015. Mulai dari Blitar, Jawa Barat, Jakarta, Lampung, Palembang, Jambi, Padang, Pekanbaru, Batam, dan kali ini ada di Mempawah.

"Masyarakat disabilitas jangan pernah minder. Saya ingin motivasi mereka. Biar mereka disabilitas, mereka harus hidup berdampingan dengan mereka yang normal," kata bapak dua anak ini.

Seperti yang ia lakukan sekarang. Ia justru  memberanikan diri bisa berkeliling Indonesia dengan biaya pribadi.

"Jadi, dengan menggunakan kendaraan ini,  saya sudah bisa menjelajah 10 provinsi di Indonesia,"katanya.

Bahkan selama menempuh perjalanan sejak 2015 dirinya belum ada mengalami kendala, termasuk kendaraan roda tiga yang di tungganginya.

"Kalau ban bocor itu biasa. Saya bisa tambal ban sendiri," tuturnya.

Setibanya di Kota Mempawah, Bibit langsung menginap di Polsek Mempawah Hilir. Rencananya, setelah itu ia akan bertemu dengan para Bikers Comuniti (B. COM) Mempawah. Di mana dirinya akan ikut melanjutkan kembali ke Singkawang.

"Jadi, selain Mempawah, saya akan ke Singkawang dan akan melanjutkan perjalanan ke perbatasan Aruk, Sambas," ujarnya.


Di Pos Lintas Batas Negara tersebut, dirinya akan melakukan penanaman seribu pohon bersama para biker se-Kalbar.

Ketua B.Com Mempawah, Dudung merasa salut dengan perjuangan Bibit  dan itu patut dijadikan contoh kepada warga Kalbar.
Karena aksi Bibit ini bisa menjadi motivasi, terutama anak muda agar menjalai hidup dengan penuh semangat dan pantang menyerah.

"Bibit ini layak menjadi duta memperjuangkan hak disabilitas," kata Dudung.(ben/loh/sut)