Pagelaran Robo-robo Berlangsung Meriah

Mempawah

Editor sutan Dibaca : 624

Pagelaran Robo-robo Berlangsung Meriah
KETUPAT - Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya membagikan ketupat kepada masyarakat yang hadir meramaikan acara Robo-robo di Kota Mempawah, Rabu (30/11). (SP/ Ruben)
MEMPAWAH, SP - Puncak pagelaran Robo-robo di Kabupaten Mempawah berlangsung meriah. Ribuan masyarakat tumpah-ruah di dermaga Pelabuhan, Mempawah, Rabu (30/11).  

Di dermaga itu, masyarakat dari lintas etnis bersemangat menyaksikan acara buang-buang dan tepung tawar di laut. Dimulai dari ritual buang-buang. Raja Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya memimpin acara. 

Berada di atas kapal, Raja Mardan dan para Laskar Opu Daeang Manambon mendapat iringan kapal lain, saat melintasi Sungai Mempawah, dalam perjalanan dari laut ke dermaga. 

Dalam perjalanan itu, Mardan berkesempatan menghampiri sejumlah kapal nelayan untuk memberikan tepung tawar.  Uniknya, begitu kapal yang membawa rombongan tiba di dermaga, banyak warga mengerumuni rombongan. 

Mereka berebut ketupat, sebelumnya berasal dari sumbangan masyarakat untuk dibagikan pada warga yang menghadiri acara. 

Raja Mardan mengatakan, masyarakat yang meminta dilakukan tepung tawar terhadap kapal mereka dan warga yang berebut ketupat. 

Niatnya, tidak lain adalah, ungkapan rasa cinta mereka mengenai pagelaran Robo-robo, saat ini akan diresmikan menjadi menjadi iven Budaya Nasional.

"Ayo, kita terus meriahkan  Robo-robo ini dengan menjadikannya sebagai warisan budaya," kata Raja Mardan. (ben/loh)