Rutan Mempawah Kelebihan Warga Binaan

Mempawah

Editor sutan Dibaca : 704

Rutan Mempawah Kelebihan Warga Binaan
Ilustrasi
MEMPAWAH, SP – Rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Mempawah mengalami kelebihan kapasitas jumlah warga binaan. Pasalnya, kini jumlah warga binaan mencapai 207 orang, padahal daya tampungnya hanya 105 orang.   Rutan ini juga menampung napi dari Kabupaten Kubu Raya. Malah, dulu sempat diisi warga binaan dari Kabupaten Landak.       

"Dulu sempat menampung warga binaan dari tiga daerah. Namun karena Landak telah miliki rutan sendiri, jadi dipindah ke sana semuanya,” kata Indra Pitoy, Kepala Rutan Kelas II Mempawah.   

Menurut Indra, langkah jangka pendek dalam mengatasi permasalahan tersebut, dengan cara memberikan bebas bersyarat dan cuti menjelang bebas.  Kebijakan itu telah diatur  Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan HAM RI.
 

“Dulu untuk mendapat cuti menjelang bebas memerlukan waktu yang lama, namun sekarang tidak lagi. Hanya saja, warga binaan yang mendapat itu akan diseleksi dan diberikan syarat ketat,” terangnya. 
 

Selain itu, warga binaan yang telah menjalani masa hukuman selama dua tahun atau telah memiliki status hukum tetap (ingkrah) akan dipindahkan ke  Lapas di Pontianak dan Singkawang.
 

“Namun untuk harus terlebih dulu memiliki izin dari Kantor Kemenkumham Kalbar,” pungkasnya. (ben/ang)