KPA: Terdeteksi 319 ODHA di Mempawah

Mempawah

Editor sutan Dibaca : 723

KPA: Terdeteksi 319 ODHA di Mempawah
IDENTIFIKASI- Suasana identifikasi infeksi HIV/AIDS dan penyuluhan terhadap ratusan nelayan di Balai Pertemuan Nelayan Pelabuhan Kuala, Kamis (15/12). (SP/Ruben)
MEMPAWAH, SP – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten  Mempawah mencatat ada 319 orang dengan HIV/AIDS (ODHA), yang mana pada tahun 2016, terdapat 40 orang di antaranya masuk ke dalam fase AIDS dan 40 ODHA telah meninggal dunia.   

"Ini yang baru terdeteksi. Dan jumlah itu mengalami peningkatan setiap tahun. Seperti  fenomena gunung es, nampak sedikit di atas tetapi banyak di bawah," kata Wasti Anas, Sekretaris KPA saat
identifikasi infeksi HIV/AIDS dan penyuluhan terhadap ratusan nelayan di Mempawah.   

Wasti memaparkan penyebaran virus ini telah sampai di pedesaan. Dari 67 desa dan kelurahan di Kabupaten Mempawah, tercatat sedikitnya ada 30 ODHA.  

“Tersebar di tiga kecamatan, yakni Sungai Pinyuh, Mempawah Hilir, dan Mempawah Timur," ujarnya.  

Selain itu lanjut Wasti, guna meminimalisir penularan virus, yang cenderung meningkat setiap tahunnya, pihaknya melakukan tes infeksi HIV/AIDS kepada ratusan nelayan khususnya di Mempawah. 
 

"Semoga saja tidak ada yang terinfeksi virus ini, namun jika ada, bisa langsung dibantu pengobatannya. Karena selama ini pengobatannya masih gratis di Rumah Sakit Rubini," jelasnya.   (ben/ang)