Langganan SP 2

Mau Beli Rokok, Bella Nekat Curi Uang di Kotak Amal

Mempawah

Editor sutan Dibaca : 487

Mau Beli Rokok, Bella Nekat Curi Uang di Kotak Amal
KOTAK AMAL- Iin alias Bela (17), pelaku pencurian kotak amal di Masjid Al Wasillah, ketika berada di Mapolres Mempawah. (SP/ Ruben)
MEMPAWAH,SP – Demi membeli sebungkus rokok, seorang pria gemulai bernama Iin alias Bella (17) nekad mencuri uang di kotak amal Masjid Al Wasillah, Kelurahan Kampung Tengah, Mempawah, Rabu (21/12) sekira pukul 02.12 WIB dini hari.  

“Sama kawan. Dua hari yang lalu saya berhasil (mencuri) di masjid ini. Sekarang mau coba lagi,” kata Iin di Mapolres Mempawah. 

Dia mengaku, aksi pencurian itu merupakan inisiatif temannya. Peran dia hanya menemani Repan. Terkait hasil curian, akan digunakan membeli rokok, Iin membantah uang itu akan dibelikan narkoba. 

“Sekitar pukul 01.00 WIB mulai masuk. Saya hanya menemankan. Repan yang ambil uangnya,” ucapnya.  
 
Namun lanjut Dia, ketika masih di dalam masjid dengan kotak amal curian, mereka terlihat warga setempat. Setelah dilakukan pengejaran dia akhirnya tertangkap. Namun Repan berhasil melewati hadangan warga dan langsung melarikan diri. “Abis ditangkap itu saya diikat pakai tali. Tidak dipukul. Saya lalu dibawa ke kantor polisi,” ujarnya.

Iin juga mengakui telah mencuri sebanyak empat kali. Semuanya dilakukan karena disuruh teman-temannya. Atas kejadian tersebut, dia mengaku jera dan tidak akan mengulangi perbuatannya. Pada malam hari Iin kerap mengkal di Pelabuhan Kuala Mempawah.  “Saya sering ke situ (pelabuhan), mangkal,” akunya.

Paur Humas Polres Mempawah, IPDA Imam Widhiatmoko mengatakan, Iin diamankan setelah mendapat laporan warga.  "Saat kita datangi, ternyata warga sudah ramai dan mengikat pelaku karena kedapatan mencuri kotak amal masjid,” kata Imam.

Demi menghindari kejadian yang tidak diingankan, pelaku langsung dibawa ke Mapolres untuk dimintai keterangan lebih lanjut. “Teman Iin masih dalam penyelidikan. Nanti akan kita tangkap juga,” ucapnya. (ben/ang)