Yuyun Pernah Ditolak KUA

Mempawah

Editor sutan Dibaca : 1275

Yuyun Pernah Ditolak KUA
Ilustrasi
MEMPAWAH, SP – Yuyun alias Andre, mantan sekuriti di counter pakaian wanita salah satu mall di Kota Pontianak yang nekat menyaru sebagai pria untuk menikahi wanita asal Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah.  

Sebelumnya Yuyun,  diketahui sempat mendatangi Kantor Urusan Agama (KUA) setempat guna mendaftarkan rencana pernikahannya.
 

Namun permintaannya itu tidak dilayani, lantaran tidak mampu menunjukkan dokumen sebagai syarat pernikahan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta surat rekomendasi pindah nikah.  
 

“Saat itu petugas meminta dia pulang dulu untuk melengkapi surat-suratnya. Baru kemudian dilayani,” kata Kamaludin, Kepala Kantor Agama Mempawah. 

BERITA TERKAIT:
Menyaru Sebagai Pria, Yuyun Nikahi Wanita

Selang satu pekan kemudian, Yuyun  datang lagi hendak langsung membayar biaya pernikahan. Tapi karena masih tidak membawa syarat yang diperlukan KUA terpaksa kembali menolak.

“Jadi saat itu dia langsung pulang dan ternyata tak melakukan pernikahan melewati KUA," ujarnya.
 

Dalam pernikahan resmi, jelas dia, tentunya terlebih dulu harus memenuhi sejumlah syarat. Di antaranya adalah syarat administrasi.   "Syarat-syarat itu, harus dilengkapi untuk melaksanakan nikah di KUA. Namun jika nikah siri, tidak diakui pemerintah,” tegasnya.  

Belakangan terungkap, bahwa Andre adalah sosok wanita yang ingin menikahi seorang wanita pujaannya.   Hal tersebut menurut Kamaludin, berdasar ajaran Agama Islam tidak diperbolehkan. “Dalam Islam pernikahan sejenis tidak diperbolehkan,” ucapnya.  

Dengan adanya insiden tersebut, pihaknya akan meningkatkan imbauan kepada masyarakat melalui penyuluh agama untuk mewaspadai kejadian-kejadian serupa.   “Kepada penghulu nikahnya akan kita berikan peringatan,” tegas dia. (ben/ang)