Ini Sebab Mempawah Belum Siap Sertifikasi Khatib Jumat

Mempawah

Editor sutan Dibaca : 1984

Ini Sebab Mempawah Belum Siap Sertifikasi Khatib Jumat
Ilustrasi
MEMPAWAH, SP – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Syarif Ismail Alkadrie Kabupaten Mempawah mengatakan sebagian besar penceramah di wilayahnya belum siap menerima wacana Kementerian Agama mengenai program sertifikasi khatib salat Jumat.  

“Saya rasa, Mempawah belum siap untuk membuat sertifikasi bagi khatib. Sebab khatib di sini lebih banyak bukan dari kalangan pondok pesantren atau berpendidikan tinggi,” kata Ismail, Kamis (9/2).

Menurut Ismail, wacana tersebut terkesan mentah, sebab para pejabat hanya melihat persoalan dari balik balik meja kerja. Bukan  turun langsung kepada masyarakat di desa.
Selain itu,  program ini berdampak  bakal menimbulkan gesekan di tengah masyarakat. Serta menimbulkan kesenjangan di antara khatib.

"Seperti khatib yang berada di desa-desa yang minim pendidikan, ketika dilakukan sertifikasi tentunya mereka akan tersisih," ujarnya.

Senada dengan itu, Ustaz Alfan menganggap sertifikasi khatib Jumat tidak perlu. Sebab, khatib atau penceramah di Mempawah sudah cukup baik, tidak provokatif terhadap agama lain seperti yang telah dikhawatirkan.

Menurutnya, jika pun memang harus disertifikasi,  sebaiknya diberlakukan juga kepada semua agama yang ada di Indonesia. “Karena negara itu harus berazaskan keadilan dan mengayomi semua agama yang ada,” ucapnya.

Sementara itu, Kamaludin, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Mempawah menegaskan, hingga saat ini belum menerima surat atau apapun terkait rencana sertifikasi khatib dari pemerintah pusat.

“Sampai sekarang belum ada petunjuk. Baik itu dalam bentuk surat atau apapun terkait rencana itu,” katanya, Kamis (9/2).

Kamaludin berpendapat, jika memang ada sertifikasi terhadap khatib. Sebaiknya diberlakukan juga kepada khatib atau penceramah agama lain. "Kita berharap sih, tak hanya pada muslim," tutupnya. (ben/ang)

Baca Juga:
Transmigrasi 2018, Sintang Mengajukan Tiga Ribu KK