Ratusan Rumah Terendam Banjir

Mempawah

Editor Kiwi Dibaca : 303

Ratusan Rumah Terendam Banjir
Banjir – Rumah warga yang terendam banjir ada di Kecamatan Mempawah Timur, Rabu (21/7). Ketinggian banjir di wilayah tersebut mencapai satu meter. Meskipun terendam banjir, beberapa warga masih memilih untuk bertahan di dalam rumah. suara pemred/ruben per
MEMPAWAH, SP – Tingginya curah hujan yang terjadi pada Selasa (11/7) malam menyebabkan ratusan rumah di Kecamatan Mempawah Timur terendam banjir. Ketinggian banjir di daerah tersebut mencapai 1 meter. Namun di beberapa titik ketinggian banjir hanya mencapi 50 sentimeter. Beberapa warga yang rumahnya terendam banjir memilih mengungsi, namun ada juga di antara mereka yang memilih tetap tinggal di rumah.

Warga Jalan Djohansyah Bakri, Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur, Nawedi (52) yang rumahnya terendam banjir mengatakan, banjir dengan cepat mulai masuk ke rumahnya pada pukul 21.00 WIB. Saat air mulai masuk ia pun segera mengambil langkah menyelamatkan sejumlah barang yang ada ada di dalam rumahnya agar tidak terendam banjir.

“Selain barang elektronik, saya juga langsung membawa hewan ternak saya ke tempat yang aman,” katanya, Rabu (12/7). Menurut Nawedi, air yang masuk ke dalam rumahnya mencapai mata kaki, namun di luar rumah, ketinggian banjir mencapai satu meter. Banjir di wilayah tempat tinggalnya dikatakan Nawedi memang kerap terjadi, dan biasanya jika hujan tidak kembali terjadi, banjir baru akan surut sekitar tiga hari.

“Tapi jika ada hujan lagi, banjir akan semakin tinggi, ini yang saya khawatirkan, apalagi saya ada anak yang masih kecil,” keluhnya. Sementara terpisah, Camat Mempawah Timur, Hermansyah mengatakan terdapat dua desa di Kecamatan Mempawah Timur yang mengalami banjir.

"Desa yang mengalami banjir adalah Desa Antibar dan Desa Parit Banjar," katannya. Menurut Hermansyah, Desa Antibar terdapat enam rukun tetangga (RT) yang dihuni oleh 390 kepala keluarga rumahnya mengalami kebanjiran. Sementara rumah yang terendam banjir di Desa Parit Banjar masih dilakukan pendataan.

Setelah semua data didapatkan, Hermansyah mengatakan, barulah pihaknya akan menyerahkan data tersebut ke Bupati Mempawah, Ria Norsan. Dia juga memastikan, jika ketinggian air masih terus bertahan, maka Pemkab Mempawah akan memberikan bantuan kepada warga korban banjir. “Jika air tidak surut, tentu kita akan memberikan bantuan ke warga,” ujarnya. (ben/jee)

Komentar