Akun Facebook Tokoh Masyarakat Jadi Sasaran Peretas

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 278

Akun Facebook Tokoh Masyarakat Jadi Sasaran Peretas
Ilustrasi
MEMPAWAH, SP – Akun media sosial facebook milik beberapa tokoh masyarakat di Kabupaten Mempawah belakangan hari terakhir diretas oleh hacker.

Dikatakan penjabat Kepala Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur, Edy Irwan, biasanya akun facebook yang telah diretas akan mengirimkan pesan ke teman-teman yang ada di akun facebook untuk meminta pinjaman uang.

"Mereka mengirim pesan meminjam uang, dengan janji akan dikembalikan. Ini sudah beberapa kali terjadi dan sudah ada yang jadi korban,” katanya, Minggu (27/8).

Edy mengaku, dirinya juga sempat menjadi korban penipuan dari hecker yang berhasil meretas akun facebook milik salah seorang tokoh masyarakat Mempawah. Akun tersebut meminta dirinya mengirimkan sejumlah uang. Namun setelah dikonfirmasi ke pemilik akun, ternyata akun facebooknya telah diretas.

“Beruntung saya waktu itu tidak langsung percaya. Dan kejadian ini mulai marak sejak Juli 2017 hingga saat ini,” katanya.

Sementara pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Infomasi Kabupaten Mempawah, Iqbal Suparta menyarankan masyarakat untuk sering mengganti kata sandi Facebook milik mereka untuk menghindari tindakan pembajakan.

"Setiap tiga bulan sekali, ganti kata sandi. Dan sebaiknya kata sandi untuk Facebook dan email dibedakan, ini juga untuk meminimalisir pembajakan akun,” sarannya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan akun milik mereka sudah benar-benar keluar saat dibuka melalui perangkat elektronik milik umum.

“Pastikan akun facebook benar-benar sudag dikeluarkan saat menggunakan perangkat komputer umum seperti di warnet atau di komputer kantor,” pungkasnya. (ben/jee)

Komentar