Langganan SP 2

Saling Tuding Penertiban Baliho

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 127

Saling Tuding Penertiban Baliho
BALIHO PILKADA – Tampak sejumlah baliho bakal calon peserta Pilkada yang dipasang di kawasan Taman Kota Mempawah, Rabu (6/9). Penertiban baliho masih menjadi pertanyaan, Satpol PP setempat mengaku menunggu tahapan Pilkada oleh KPUD Mempawah. SP/Ruben

Satpol PP Mempawah Tunggu Tahapan Pilkada

Kepala Satpol PP Mempawah, Agit Sugiarto
"Jadi, saat ini belum ada aturan, titik titik yang boleh dipasang itu. Kita bukan tak peduli, namun penertiban itu akan dilakukan secara pelan-pelan,"

MEMPAWAH,SP
– Baliho bergambar calon peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati Mempawah akhir-akhir ini marak terpampang di sejumlah jalan. 

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mempawah mengaku belum dapat melakukan penertibab, pasalnya tahapan Pilkada belum masuk masa kampanye.    

“Memang telah banyak terpasang, khususnya di pinggir-pinggir jalan protokol dan di persimpangan. Namun masih belum pada kewenangan KPU untuk melakukan penertiban,” kata Kusnandi, Ketua KPUD Mempawah, Rabu (6/9).

Jika nanti tahapan pemilu sudah  memasuki tahapan pencalonan atau bahkan kampanye, maka dia pastikan akan melakukan tindakan tegas dengan melibatkan Panwaslu Mempawah. 

“Tahapan pencalonan nanti sudah masuk ranah KPUD untuk menjaga pesta demokrasi agar berjalan tertib sesuai dengan aturan yang telah berlaku. Bisa saja nanti kita bongkar dengan melibatkan Panwaslu,” ucapnya.

Namun sebelum pada tahapan itu, dia berpendapat, penertiban baliho bergambar bakal calon bupati atau wakil bupati menjadi kewenangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 

Karena menurut dia, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Ketertiban Umum dan Estetik, pembongkaran reklame non komersil berada di bawah penagwasan pemerintah daerah dalam hal ini Satpol PP.

“Tentunya saat ini kebijakan pemerintah daerah atau Satpol PP yang melakukan penertiban jika mengacu pada Perda tentang Ketertiban Umum,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Mempawah Agit Sugiarto mengatakan, terkait maraknya baliho bakal calon bupati tersebut, pihaknya telah mengintruksikan Bidang Penegakkan Hukum Satpol PP untuk segera mempersiapkan rencana penertiban.

Namun sepertinya penertiban tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. Karena menurut Agik, pihaknya akan menunggu tahapan Pilkada berlangsung dan akan memanfaatkan momentum tersebut bersama KPUD untuk penertiban.

Agit tak menampik, baliho calon peserta Pilkada telah banyak bertebaran di seluruh wilayah di Mempawah yang memang akan menggelar pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2018 mendatang. 

“Tapi kita masih menunggu jadwal KPUD untuk bersama-sama melakukan penertiban,” terangnya.

Menurut Agit yang paling mencolok adalah baliho-baliho yang berada di Taman Mempawah, persis berada di pinggir sungai dan badan jalan umum. Dia menjelaskan, saat kemudian melakukan penertiban, akan dimulai dari Kecamatan Siantan sampai Kecamatan Sungai Kunyit.

“Dilakukannya penertiban mendatang agar membuat Kabupaten Mempawah terlihat rapi,” ucapnya. 
Satpol PP akunya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan lembaga terkait untuk menentukan titik-titik wilayah yang boleh dipasang baliho. 

"Jadi, saat ini belum ada aturan, titik titik yang boleh dipasang itu. Kita bukan tak peduli, namun penertiban itu akan dilakukan secara pelan-pelan," ucapnya.

Agit juga mengharapkan, ke depannya pihak-pihak yang ingin melakukan pemasangan baliho di kawasan Taman Mempawah untuk terlebih dulu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Satpol PP. (ben/ang)