Gerakan Pramuka Bentuk Karakter Anak Bangsa

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 323

Gerakan Pramuka Bentuk Karakter Anak Bangsa
PRAMUKA - Ketua Kwartir Pramuka Cabang Mempawah Rahmad satria berpidato saat pembukaan Gemilang HUT Gadda ke 33 Tahun 2017 di Halaman Dinas Pendidikan Mempawah, Kamis (14/09). SP/Ruben
MEMPAWAH, SP – Ketua DPRD Mempawah, Rahmad Satria mengingatkan, anak-anak muda untuk aktif di organisasi Pramuka. Pasalnya gerakan Pramuka dapat membentuk karakter para pemimpin bangsa, di mana hal itu telah di akui Presiden Joko Widodo saat Remuna bulan Agustus 2017 silam.

“Baik sekali Pramuka ini. Karena dapat membentuk karakter anak bangsa,” kata Rahmad yang juga sebagai Ketua Kwartir Pramuka Cabang Mempawah saat kegiatan Gemilang HUT Gadda ke 33 Tahun 2017  di Halaman Dinas Pendidikan Mempawah, Kamis (14/09).

Di dalam Pramuka menurut dia, semua terukur dengan jelas dan tidak ada serta tidak boleh mengada-ada. Namun boleh menambah, seperti misalnya Ambalan Depan mempunyai adat seperti melakukan dasar dharma, yakni memegang dada sebelah kanan.  

"Setiap ambalan itu mempunyai adat masing-masing, dan itu terukur dengan jelas," ucapnya.

Gerakan Pramuka sebagai pelatihan karakter bangsa dan itu diakui Presiden dan di mana jika 10 dasar dharma diterapkanmaka anak bangsa pasti mempunyai jiwa patriotisme dan mempunyai nasionalisme.

"Gerakan Pramuka ini melatih diri kita, sebagai generasi-generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan para pemimpin berkarakter bangsa ke depan," tegasnya.

Menurut dia pendidikan yang masih melekat dalam membentuk karakter bangsa yang masih ada hingga saat ini adalah Gerakan Pramuka. (ben/ang)

Komentar